PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DITINGKATKAN DENGAN APLIKASI MATH CITY MAP

Ispita Ispita, Hevi Perninda, Reza Lestari

Abstract


Semua jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar (SD) hingga menengah atas, mewajibkan siswa untuk mengambil mata pelajaran matematika. Matematika adalah mata pelajaran wajib, tetapi meskipun demikian, siswa mengklaim bahwa matematika itu sulit. Penelitian ini menggunakan program Math City Map untuk membantu siswa memahami matematika dengan lebih mudah, khususnya hubungan antara matematika dan budaya (etnomatematika). Pembanding jurnal rekayasa penelitian adalah metodologi penelitian yang diadopsi dalam penelitian ini. Produk penelitian ini adalah cara yang lebih menyenangkan bagi siswa untuk belajar matematika budaya (etnomatematika) melalui penggunaan aplikasi Math City Map untuk perangkat seluler.Di mana peserta didik akan diajak menggunakan aplikasi tersebut untuk menjelajah dan mempelajari budaya lokal yang dikaitkan dengan aspek matematika sehingga kemampuan berpikir kritis matematis yang dimiliki oleh peserta didik akan meningkat. Siswa di motivasi untuk memanfaatkan aplikasi untuk menyelidiki dan mempelajari budaya lokal yang terkait dengan konsep matematika tertentu untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis mereka dalam matematika.

 All levels of education, from elementary school (SD) to senior high school, require students to take math subjects. Mathematics is a required subject, but despite this, students claim that mathematics is difficult. This study uses the Math City Map program to help students understand mathematics more easily, especially the relationship between mathematics and culture (ethnomatematics). The comparison of research engineering journals is the research methodology adopted in this study. This research product is a more fun way for students to learn cultural mathematics (ethnomathematics) through the use of the Math City Map application for mobile devices. Where students will be invited to use the application to explore and study local culture which is associated with mathematical aspects so that the ability to think Mathematical criticality possessed by students will increase. Students are motivated to utilize the application to investigate and study local culture related to certain mathematical concepts in order to develop their critical thinking skills in mathematics.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, I. H. (2016). Berpikir Kritis Matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 66–75. https://doi.org/10.33387/dpi.v2i1.100

Atiatul, S., & Agoestanto, A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu Siswa pada PBL-Bertema Berstrategi Scaffolding. https://embada.com/index.php/jeid/article/view/94

Boyd, & Harper, W. (2000). Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Cahyono, A.n., & Ludwig, M. (2016). 13th international congres on Mathematical Education Hamburg, 24-31 Juli 2016 MATHCITYMAP : Exploring Mathematics Around The City. Juli, 24-31.

Huzaimah, P. Z., & Amelia, R. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. 05(01), 533–541. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/537

Ismaya, B. F., Semarang, U. N., Cahyono, A. N., & Semarang, U. N. (2018). Kemampuan Penalaran Matematika dengan Math Trail Project berbantuan Kemampuan Penalaran Matematika dengan Math Trail Project berbantuan MathCityMap. November 2020.

Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto, 1–9.

Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi Peserta Didik terhadap PJJ pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 75–8. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/6411

Miftahudin. (2015). Tutor Sebaya dengan MCM (Math City Map) Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Kreatif Matematis Siswa Kelas VIIIA SMP N 10 Semarang Materi Lingkaran. Semarang: SMP N 10 Semarang.

Perkins, C., & Murphy, E. (2006). Identifying and measuring individual engagement in critical thinking in online discussions: An exploratory case study. Educational Technology & Society, 9, 298–307. https://www.jstor.org/stable/jeductechsoci.9.1.298

Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ulfah, F. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan LKS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Logis. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 35–43. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v4il.236

Uno, H. B. (2011). Model Pembelajaran Menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Waryanto, Nur Hadi. (2006) Online Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Pythagoras Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2 (Des), 10-23.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7673

Article Metrics

Abstract - 1397 PDF - 1003

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7673.g3898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats