PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PEMBUATAN TAMAN RUMPUT PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAGARALAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Kristina Marta Novari, Melsi Indah Putri, Reza Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) aktivitas siswa selama diterapkannya media pembelajaran melalui pembuatan taman rumput dan 2) hasil belajar siswa setelah diterapkannya media pembelajaran melalui pembuatan taman rumput pada materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 1 Pagaralam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kategori one shot case study yang melibatkan 32 siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pagaralam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama diterapkan media pembelajaran melalui pembuatan taman rumput dikategorikan sangat aktif yang dilihat dari aktivitas visual, lisan, mendengarkan, metrik, dan menulis. Sedangkan hasil belajar siswa setelah diterapkannya media pembelajaran melalui pembuatan taman rumput dikategorikan baik sekali yang ditunjukkan dari nilai rata-rata siswa. Dengan demikian, media pembelajaran sangat cocok digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi luas lingkaran.
Kata kunci: Media, Pembelajaran, Taman Rumput, Lingkaran

This study aims to determine 1) student activities during the implementation of learning media through making grass gardens and 2) student learning outcomes after implementing learning media through making grass gardens on circle material in class VIII SMP Negeri 1 Pagaralam. This research is an experimental research in the one shot case study category involving 32 class VIII students at SMP Negeri 1 Pagaralam. The results of the study showed that student activity during the application of learning media through making grass gardens was categorized as very active as seen from visual, oral, listening, metric, and writing activities. While student learning outcomes after the implementation of learning media through making grass gardens are categorized as very good as shown by the average student score. Thus, learning media is very suitable for use in learning mathematics, especially in the circle area material.
Keywords: Media, Learning, Lawn Garden, Circle

Full Text:

PDF

References


Abdussakir, & Achadiyah, N. L. (2009). Pembelajaran Keliling dan Luas Lingkaran Dengan Strategi REACT Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Mojokerto. Prosiding FMIPA UNY, 388-401.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

As’ari, A. R., dkk. (2017). Matematika: Edisi Revisi.Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Depdiknas. (2007). Pedoman Penilaian Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas. Emilya, D., Darmawijoyo, & Putri, R.

Fatimah, F. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16 (1), 249259.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Study Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7 (1), 40-

Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran

Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD, 2(1).

Kemdikbud.(2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013.[Online] (https://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Wam endik.pdf, diakses 14 Mei 2018).

Ramadhan, I., & Minarti, E. (2018). Analisis Kemampuan komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. Journal Of Medives: Journal Of

Rizta, A., Siroj, R. A., & Novalina, R. (2016). Pengembangan Modul Materi Lingkaran BerbasisDiscovery Untuk Siswa SMP. Jurnal Elemen, 2 (1), 72-82.

Utomo, D. P. (2012). Pembelajaran Lingkaran Dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Versi Polya Pada Kelas VIII SMP PGRI Di DAU. Widya Warta, (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7866

Article Metrics

Abstract - 330 PDF - 267

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7866.g3905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats