PERANAN DIGITAL MARKETING BAGI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DESA BALARAJA

Elysa Anastasya Anastasya, Jihan Salsabilla, Siti Komariah, Moeljadi Moeljadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pemasaran digital, terutama media sosial, bagi para pelaku bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk meningkatkan penjualan dan laba mereka. Dihadiri oleh peserta UMKM desa Balaraja, metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah; berbagi pengalaman dan diskusi; dan terakhir, praktik langsung membuat akun media sosial (Facebook dan Instagram) dan cara membuatnya menarik bagi pembeli (gambar, kata-kata, cerita, dll).Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial.Metode yang akan digunakan pada studi ini adalah metode deskriptif kualitatif.Sedangkan tipe dari penelitian ini menggunakan pendekatan interaktif.Sumber data pada penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder dimana data primer diperoleh dari wawancara mendalam (Depth interview) terhadap informan dan data sekunder diperoleh dari dokumentasi perusahaan. Hasilnya menunjukkan bebarapa pelaku usaha secara aktif menggunakan media sosial sebagai alat promosi mereka dan mereka belum memisahkan akun toko online mereka dengan akun pribadi mereka, beberapa orang lain menggunakannya sesekali, dan sisanya peserta tidak pernah menggunakan pemasaran media sosial karena kurangnya teknologi ketrampilan. Semua peserta menunjukkan minat besar untuk menggunakan pemasaran media sosial secara terus menerus. Kata Kunci— Digital Marketing, UMKM, Social Media

The purpose of this research is to increase knowledge and skills about digital marketing, especially social media, for Small and Medium Enterprises (SMEs) business people to increase their sales and profits. Attended by UMKM participants in Balaraja village, the methods used in this activity were; share experiences and discussions; and finally, the direct practice of creating social media accounts (Facebook and Instagram) and how to make them attractive to buyers (pictures, words, stories, etc.). Digital marketing is promotional activities and market search through digital media online by utilizing various means, for example social network. The method to be used in this study is descriptive qualitative method. While the type of this research uses an interactive approach. The data sources in this study are divided into two, namely primary data and secondary data where the primary data is obtained from in-depth interviews (Depth interviews). to informants and secondary data obtained from company documentation. The results show that some business actors actively use social media as their promotion tool and they have not separated their online store account from their personal account, some others use it occasionally, and the rest of the participants have never used social media marketing due to a lack of technological skills. All participants showed great interest to use social media marketing continuously.

Keywords: Digital Marketing, UMKM, Social Media


Full Text:

PDF

References


Kannan, P. K., & Hongshuang, L. (2016).Digital Marketing: A Framework,Review and ResearchAgenda.International Journal of Research inMarketing .

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM diIndonesia.

Stelzner, M. (2012, April). How Marketersare Using Social Media to Grow TheirBusiness




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7872

Article Metrics

Abstract - 378 PDF - 646

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7872.g3912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats