PERBEDAAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH LAKI- LAKI DAN PEREMPUAN BERDASARKAN PENILAIAN PERSEPSI PARA GURU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan signifikan kepemimpinan Kepala Sekolah laki- laki dan perempuan berdasarkan penilaian persepsi para guru pada SMP Negeri di Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian kuantitatif dengan menggunakan angket dan menggunakan skala Likert. Penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling yang diambil dari anggota populasi secara acak dengan mengambil wakilnya. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 168 guru SMP Negeri Kota Tasikmalaya. Teknik analisis data menggunakan uji dua sampel independen yaitu uji alternatif Mann Whitney Test dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian ini yaitu Ha ditolak dan Ho diterima, artinya tidak ada perbedaan signifikan kepemimpinan Kepala Sekolah laki- laki dan perempuan berdasarkan penilaian persepsi para guru pada SMP Negeri di Kota Tasikmalaya. Hasil ini merujuk pada hasil uji alternatif Mann Whitney Test yang menunjukkan diterimanya Hipotesis Nol (Ho) dengan taraf signifikasi lebih dari 0,05.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Persepsi, SMPN
This study aims to determine whether there are significant differences in the leadership of male and female principals based on the perceptions of teachers at public junior high schools in Tasikmalaya City. The research method used in this study is a quantitative research method using a questionnaire and using a Likert Scale. This study used cluster sampling technique which was taken from members of the population randomly by taking representatives. The number of samples in this study were 168 teachers at SMP Negeri Tasikmalaya City. The data analysis technique used an independent twosample test, namely the Mann Whitney alternative test with the help of SPSS software. The results of this study are that Ha is rejected and Ho is accepted, meaning that there is no significant difference in the leadership of male and female principals based on the perceptions of teachers at State Junior High Schools in Tasikmalaya City. These results refer to the results of the alternative Mann Whitney Test which shows the acceptance of the Null Hypothesis (Ho) with a significance level of more than 0.05.
Keywords: leadership, headmaster, perception, SMPN
Full Text:
PDFReferences
Al Faruq, M. S. (2016). Perbandingan Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah LakiLaki dan Perempuan di SDN Se-Kabupaten Lamongan. Inspirasi Manajemen
Pendidikan, 1(1), 1–9.
Ekartini, A. (2004). Persepsi bawahan terhadap kepemimpinan laki-laki dan kepemimpinan perempuan pada suatu perusahaan. Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/25211;jsessionid=87F2A93DF82156011
F8D4254853129
Endra, F. (2017). Pedoman Metodologi Penelitian (Statistika Praktis) (1st ed.). Zifatama Jawara. https://www.google.co.id/books/edition/PENGANTAR_METODOLOGI_PENE
LITIAN/s5uWDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=metode+penelitian+uji+t+indepen
den&pg=PA155&printsec=frontcover
Fitriani, A. (2015). Gaya Kepemimpinan Perempuan. Jurnal TAPIs, 11(2), 1–23.
Soelistyoningrum, J. N. (2020). Pengaruh Gender dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT XYZ). Jurnal Manajemen Bisnis, 23(1), 42–51.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development (S. Y.
Suryandari (ed.); 4th ed.). Alfabeta.
Suratminah, S. (2017). Tori Kepemimpinan. http://repository.radenintan.ac.id/2220/3/bab_2.pdf
Syahril, S. (2019). Teori- Teori Kepemimpinan. 4(2), 209–215. https://ejournal.metrouniv.ac.id/index.php/riayah/article/view/1883/1471
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. (2016). Wanita Juga Miliki Hak untuk Memimpin.
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. https://www.umy.ac.id/wanita-jugamiliki-hak-untuk-memimpin
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7880
Article Metrics
Abstract - 501 PDF - 432DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7880.g3920
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .