ANALISIS SISTEM INFORMASI ONLINE BOOKING DAN FEEDBACK PADA PUBLIC RELATIONSHIP PT. ROSALIA INDAH

Bambang Ary Hanjono, Muhammad Imam Muttaqijn

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan sistem informasi online booking dan feedback mempengaruhi keputusan manajemen dalam memperbaiki kinerja perusahaan untuk mencapai visi perusahaan. Metode penelitian adalah menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tiangulasi. Penelitian dilakukan di lingkungan Kecamatan Pamulang dengan sample 3 (tiga) perusahaan otobis besar, yaitu PT. Primajasa, PO. Haryanto dan PT. Rosalia Indah. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian bahwa penggunaan sistem informasi Online Booking merupakan strategi pemasaran PT. Rosalia Indah guna menggaet calon pelanggan/penumpang. Sales Promotion dan Personal Selling menjadi kekuatan perusahaan dalam memperkenal sistem informasi ini, Feedback pelanggan menjadikan hubungan antara perusahaan dan pelanggan menjadikan kedekatan secara psikologis atau bisa disebut Public Relationship yang baik dan menjadi kekuatan perusahaan dalam memperbaiki, meningkatkan, memperbesar pelayanaan perusahaan terhadap pelanggannya pada akhirnya mempengaruhi peningkatan penumpang
Keywords: Sistem Informasi Online Booking, Feedback, Public Relationship

This study aims to analyze the role of online booking and feedback information systems influencing management decisions in improving company performance to achieve the company's vision. The research method is to use qualitative methods, data collection techniques with observation, interviews, documentation and simulation. The research was conducted in Pamulang District with a sample of 3 (three) large bus companies, namely PT. Primajasa, PO. Haryanto and PT. Beautiful Rosalia. Data analysis techniques with data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the study show that the use of the Online Booking information system is a marketing strategy for PT. Rosalia Indah to attract potential customers/passengers. Sales Promotion and Personal Selling are the company's strengths in introducing this information system, Customer feedback makes the relationship between the company and the customer create psychological closeness or can be called a good Public Relationship and becomes the company's strength in improving, increasing, enlarging the company's services to its customers which ultimately affect passenger increase
Keywords : Online Booking Information System, Feedback, Public Relationship

Full Text:

PDF

References


Bonaraja Purba, dkk dalam buku Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar (2020), Yayasan Kita Menulis.

Effendy, Onong Uchjana. 2002. Hubungan Masyarakat, Suatu Studi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya

Elvinaro Ardianto, 201, Handbook of Public Relation, Simbioasa Rekatama Media, Jakarta

Ghony & Almanshur, 2012, Metodologi Penelitian Kualitatif, Arruz Media, Jakarta

Lexy J. Moleong, 2010, Metode Penelitian Kualitatif, edisi revisi, PT. Remaja Rosda Karya Bandung,

McLeod, R., and Schell, G. (2006). Management Information Systems, (10th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Mukarom, Zainal dan Muhibudin Wijaya Laksana. 2015. Manajemen Public Relations, Panduan Efektif Pengelolaan Hubungan Masyarakat, Bandung: Pustaka Setia.

O’Brien, J. A. (2003). Introduction to Information System: Essentials for the e-Business Enterprise, (11th ed.). New York: McGraw-Hill.

Online. (2011). Freedictionary.com. Diakses 09 Januari 2023, dari http://www.thefreedictionary.com/online.

PT. Rosalia Indah. (2022). http://rosalia-indah.co.id. diakses 18 Januari 2022 from

Sejarah Perusahaan: rosalia-indah.co.id/web/website/tentangkami

Reservation. (2011). Freedictionary.com. Diakses 09 Januari 2023, dari http://www.thefreedictionary.com/reservation

Rohmat Taufiq, M. Imam Muttaqijn, M. Imam Mukhofa, Yafid Effendi (2020), Sistem Informasi Manajemen, Graha Ilmu, edisi kedua, Yogyakarta

Zulian Yamit, 2005, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ed. 1. Cet. 4. Ekonisia

Kampus Fakultas Ekonomi UII, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7928

Article Metrics

Abstract - 319 PDF - 356

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7928.g3951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats