ANALISIS NILAI HASIL TERHADAP WAKTU PADA PROYEK RS HERMINA KUTABUMI TANGERANG

Sugeng Purwanto, Muhammad Ali Mu’min, Alan Fernanda

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai biaya dan waktu dengan menggunakan Earned Value Analysis (EVA) pada proyek pembangunan RS Hermina Kutabumi Tangerang. Proyek RS Hermina Kutabumi Tangerang ini memiliki waktu rencana sekitar 40 minggu (285 hari) dengan rencana anggaran biaya sebesar ± Rp.60.000.000.000,00, dengan adanya batasan waktu dan biaya maka diperlukan pengendalian yang baik dan matang, akan tetapi sebelum dikakukan pengendalian perlu diketahui terlebih dahulu mengenai kinerja proyek yang telah berlangsung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja biaya dan waktu serta estimasi biaya dan waktu pada akhir penyelesaian proyek RS Hermina Kutabumi Tangerang. Metode Earned Value mamadukan unsur biaya dan waktu yang terjadi saat proyek berlangsung. Data yang didapatkan dari proyek antara lain time schedule, Rencana Anggaran Biaya (RAB), laporan bulanan dan biaya aktual, yang kemudian dilakukan analisis biaya, waktu, variasi serta indeks performansi dengan mamaparkan masalah yang muncul pada saat penelitian. Dari hasil analisa diketahui bahwa prakiraan waktu penyelesaian proyek apabila menggunakan perhitungan komulatif, berdasarkan minggu ke-39 adalah 292,01 hari (18 Oktober 2020), sedangkan waktu rencana adalah 285 hari (11 Oktober 2020). Hal ini menunjukkan bahwa waktu penyelesaian lebih lambat 7 hari dari yang direncanakan. Sedangkan apabila kita menggunakan perhitungan tiap minggu, Prakiraan waktu penyelesaian proyek berdasar minggu ke-39 adalah 291,80 hari (18 Oktober 2020), sehingga proyek mengalami keterlambatan 7 hari.

Kata kunci:  EVA, SPI, ETS, EAS, Perkiraan Waktu, Kurva S


Full Text:

PDF

References


Afiana, Y. 2013. Pengendalian waktu dan biaya pekerjaan konstruksi sebagai dampak dari perubahan desain pada studi kasus embung irigasi timor tengah. Jurnal Teknik Sipil. Universitas nusa cendana .

Amin, M. Modul Perencanaan Pengendalian Proyek. Pusat Pengembangan Bahan Ajar – UMB.

Iman, S. 1999. Manajemen Proyek: Dari konseptual Sampai Operasional. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Iman, S. 2001. Manajemen Proyek: Dari konseptual Sampai Operasional. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Marhaendra, A. 2013. Analisis Nilai Hasil terhadap Biaya pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus Pada Proyek pembangunan Hotel Eastpark). Jurnal Teknik Sipil. Universitas Sebelas Maret.

Sugiarto. 2013. Analisi Network Planning dengan CPM (critical Path Methods) dalam rangka Efisiensi Waktu dan Biaya Proyek. Jurnal Teknik Sipil. Universitas Sebelas Maret.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/civil.v3i1.7154

Article Metrics

Abstract - 162 PDF - 191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

CURRENT INDEXING STRUCTURE

 

       

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------