ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA PELAKSANAAN PEKERJAAN BALOK METODE KONVENSIONAL DAN PRECAST PADA PROYEK ASPENA RESIDENCE BATUCEPER

Brian Alvandi, Ria Rosyati, Muhamad Abdu

Abstract


Proyek kontruksi adalah salah satu satu sektor terkuat yang mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia, Indonesia sebagai negara berkembang pun gencar melakukan aktivitas pembangunan disegala bidang seperti pembangunan infrastruktur, gedung bertingkat, perumahan untuk pemukiman warga, gelanggang olahraga bertaraf internasional, bahkan lokasi baru untuk lokasi rencana perpindahan ibukota baru, maupun bangunan penyangga kebutuhan lainnya. Dalam proses implementasi pembangunan setiap proyek berbeda sesuai dengan kondisi alam maupun kondisi sosial, untuk pembangunan gedung bertingkat dalam pelaksanaannya ada dua metode fabrikasi balok yaitu metode konvensional dan metode pracetak/precast yang dimana dua metode tersebut mempengaruhi anggaran biaya dan waktu pelaksanaan proyek. Perbandingan biaya disini dilakukan untuk mengetahui selisih antra kedua metode tersebut dan dapat menyimpulkan efektivitas salah satu metode tersebut, serta kekurangan maupun kekurangan kedua metode dalam proyek apartemen Aspena residence Batuceper. Pada penelitian kali ini dilakukan perbandingan antara metode konvensional dan metode pracetak untuk menentukan perbandingan biaya fabrikasi balok dalam proyek apartemen Aspena residence Batuceper.

Kata kunci:  Balok Precast, Balok Konvensional, Perbandingan Biaya

Full Text:

PDF

References


Asiyanto. 2003. Construction Project Cost Management. Jakarta: Pradnya Paramita.

Asroni, Ali, 2010. Balok Dan Pelat Beton Bertulang. Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Dipohusodo, Istimawan. 1996. Manajemen Proyek Dan Konstruksi Jilid 1. Yogyakarta.

Elly T dan F. X. Supartono. 2000. Kecenderungan Industri Konstruksi Indonesia Masa Depan Dengan Pengembangan Sistem Elemen Pracetak. Jakarta.

Ervianto. W. I. 2006. Eksplorasi Teknologi Dalam Bidang Konstruksi: Beton Pracetak & Bekisting Andi Yogyakarta. Yogyakarta.

Joko Widodo Soetjipto, 2004, Analisa Perbandingan Pelaksanaan Pembangunan Menggunakan Beton Konvensional dengan Elemen Beton Pracetak Pada Bangunan Tingkat Tinggi. Penerbit Universitas Merdeka Malang, Malang.

Kerzner, H. 2009. Project Management : A System Approach to Planning, Scheduling, and Controling (Tenth). New Jersey: John Wiley & Sons.

Mc Cormac, Jack C. 2004. Desain Beton Bertulang-Edisi Kelima-jilid 2. Penerbit Erlangga, Jakarta

Soeharto, Imam. 1995. Manajemen Proyek: Dari Konseptual Sampai Operasional. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Standar Nasional Indonesia SNI 7832-2012. Tentang Tata Cara Perhitungan Harga Satuan Pekerjaan Beton Pracetak Untuk Konstruksi Bangunan Gedung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/civil.v3i1.7156

Article Metrics

Abstract - 272 PDF - 355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

CURRENT INDEXING STRUCTURE

 

       

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------