ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WAKTU SEBAGAI DASAR DARI PERTIMBANGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN SISTEM PENUNJUKAN LANGSUNG PADA CONTRACT OF FIXED UNIT RATE

Saiful Haq, Muhammad Ali Mu’min, Ridwan Maulana Nurahman

Abstract


Dalam kegiatan usaha jasa konstruksi Arsitektur dewasa ini, pengguna jasa semakin variatif menggunakan jenis - jenis kontrak konstruksi. Hal ini mereka lakukan selain untuk menekan biaya produksi (biaya pelaksanaan proyek), juga dilakukan untuk mempermudah proses pengadaan di internal mereka. Salah satu kontrak yang sering dipakai adalah kontrak Fix Unit Rate. Dalam sistem kontrak ini, kontraktor mengalami berbagai kesulitan bahkan kerugian. Adapun Penelitian ini bertujuan menemukan variabel pengaruh sistem kontrak fixed unit rate terhadap pembengkakan pembengkakan waktu, menentukan variabel yang paling dominan dan paling tidak dominan yang berpengaruh terhadap pembengkakan waktu tersebut. Penelitian ini penulis gunakan adalah metode observasi ( pengamatan langsung ) dan metode kuantitatif yaitu data yang yang dikumpulkan dari proyek fixed unit rate selama 1 tahun 3 bulan, dari bulan Januari 2019 sampai Maret 2020. Data primer diperoleh dari kontraktor pelaksana yaitu PT. Penta Griya Artistika dan subkontraktor spesialis dari proyek yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada kontraktor pelaksana dan subkontraktor spesialis yang menangani proyek tersebut. Data dianalisis dengan korelasi pearson, metode regresi linier berganda, dan uji hipotesa ( uji t dan uji f ) serta uji adjusted R square. Data sekunder diambil dari kontraktor utama berupa Rencana Anggaran Biaya ( RAB ), gambar-gambar Shop Drawing yang telah disetujui. Data dianalisis dengan varian biaya yang dimana varian biaya ( CV ) anggaran biaya akhir dikurangi anggaran biaya awal. Hasil penelitian diperoleh faktor yang paling dominan dalam pembengkakan biaya pada sistem kontrak ini adalah pada proyek Real Estate seringkali material hilang atau tidak sesuai spek sehingga pihak penerima dilapangan harus teliti apabila menerima material dari toko, dan faktor yang paling tidak dominan adalah ada banyak harga satuan di kontrak ini lebih rendah dari harga sebenarnya. Sedangkan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap pembengkakan waktu adalah adanya pekerjaan tambah kurang yang nilainya tidak terlalu besar tidak diberikan penambahan waktu, dan faktor yang paling tidak dominan adalah jadwal pelaksanaan pekerjaan ini lama karena proses administrasi sistem kontrak ini lama.

Kata kunci : Fixed unit rate, Lumsump, Penyebab, Dampak, Pengaruh.


Full Text:

PDF

References


Amdan Dimyati, K. N. (2014). Manajemen Proyek. Bandung: PUSTAKA SETIA.

Anwar, C. (2016). Analisis Kepuasaan Pelzanggan Pada Mutu Bangunan Perumahan Cluster. Jurnal Universitas Mercubuana, 2-8.

Arifin, B. (2012). Analisis Variation Order (VO)/Change Order (CO) Pada Proyek Pembangunan Mall @ Alam Sutera Serpong Tangerang. Jurnal Universitas Mercubuana, 3-9.

Budisuanda. (2011, Maret 19). Kontrak Lumpsump Itu Yang Benar Adalah. Retrieved from Manajemen Proyek Indonesia: http://manajemenproyekindonesia.com/?p=824

Budisuanda. (2015, November 29). Mampukah Kontraktor Memprediksikan Perubahan Harga Setahun. Retrieved from Manajemen Proyek Indonesia: http://manajemenproyekindonesia.com/?p=3934

Bush, V. G. (1991). Manajemen Konstruksi. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Fauji, M. (2016). Analisis Contract Change Order (CCO) Akibat Perubahan Desain Pada Pelaksanaan Proyek Asrama Diklat Pusdiklat Pajak. Jurnal Universitas Mercubuana.

Fitri, D. (2011). Identifikasi dan Analisis Penyebab Akibat Contract Change Order Terhadap Biaya dan Waktu Pada proyek Konstruksi Dikota Padang Metode Deskriptif Ketidaksesuaian gambar atau perubahan desain. Jurnal Universitas Mercubuana.

Gaus, M. d. (2015). Analisis Perbandingan Resiko Biaya Kontrak Lumpsum dan Kontrak Unit Price Dengan Metode AHP. Jurnal Universitas Mercubuana.

Husein, A. (2011). Manajemen Proyek Perencanaan Penjadwalan dan Pengendalian Proyek. Yogyakarta: ANDI.

Indonesia, R. (2003). Keputusan Republik Indonesia No. 80 Tahun 2003 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Jakarta: Sekertariat Negara.

Irsadi, A. (2011). Analisis Pencegahan dan Efisiensi Pekerjaan Tambah Kurang/ Change Order (CO) Pada Proyek Kontruksi Mayapada Hospital Tangerang. Jurnal Universitas Mercubuana.

Kristanto. (2017). Analisis Kontrak Penunjukan Langsung Bank Permata. Jurnal Universitas Mercubuana.

Nugroho, B. A. (2005). Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian Dengan SPSS. Yogyakarta: ANDI.

Priyatno, D. (2002). Paham Analisa Statistik Data Dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Suhartini. (2014). Hubungan Change Order Terhadap Biaya dan Waktu Pada Pekerjaan Revitalisasi Kawasan Simpang Lima Semarang. Jurnal Universitas Mercubuana.

Yasin, N. (2006). Mengenal Kontrak Kontruksi di Indonesia. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/civil.v3i1.7157

Article Metrics

Abstract - 204 PDF - 301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

CURRENT INDEXING STRUCTURE

 

       

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------