ANALISIS LABA METODE BIAYA TRADISIONAL DAN METODE COST CONTROL PADA CV. PRADA KATERING

RD.Hera Merdeka Khazinatul Khaeriah, Pramadhita Kusuma Wardani

Abstract


Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah metode perhitungan biaya tradisional, metode perhitungan biaya cost control, dan laba. Subjek dalam penelitian ini adalah pengusaha jasaboga CV. Pradha  Katering di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif yaitu metode penelitian yang dilaksanakan dengan cara mengumpulkan, menyajikan, dan menganalisis perusahaan berdasarkan fakta yang ada, dan metode komparatif yaitu metode penelitian yang bersifat membandingkan antara yang terjadi pada perusahaan dengan usulan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan laba yang signifikan antara laba hasil perhitungan biaya dengan menggunakan metode tradisional dan laba hasil perhitungan biaya dengan menggunakan metode cost control, hal ini terbukti dengan hasil penelitian yaitu thitung > ttabel pada tingkat signifikasi 5% dengan derajat kebebasan (dk) = n – 1,  yaitu  2,151 > 1,753. Hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat kita simpulkan bahwa metode perhitungan biaya dengan menggunakan metode cost control dapat menghasilkan laba yang lebih besar daripada metode perhitungan biaya tradisional.

Kata Kunci: metode biaya tradisional, cost control.

 

Abstract

The variables examined in this study are the traditional cost calculation method, cost control cost calculation method, and profit. The subjects in this study were service entrepreneurs CV. Pradha Catering in Bandung. The research method used is descriptive method, namely research methods carried out by collecting, presenting, and analyzing companies based on existing facts, and comparative methods, namely research methods that are comparing what happened to the company with the researcher's proposal. The results show that there is a significant difference in profit between the profit calculated using the traditional method and the profit calculated using the cost control method, this is evidenced by the results of the study, namely tcount> ttable at a significance level of 5% with degrees of freedom (dk). = n - 1, that is 2.151> 1.753. This means that Ha is accepted and Ho is rejected. We can conclude that the cost calculation method using the cost control method can generate greater profits than traditional cost calculation methods.

Keywords: traditional cost method, cost control.


Full Text:

PDF

References


Anas. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Bartono, PH & Ruffino, E.M. (2005). Food Product Manajement di Hotel dan Restoran.Yogyakarta: ANDI.

Carter, William, K. (2009). Akuntansi Biaya. Buku 1 edisi 14. Terjemahan: Krista. Jakarta: PT Salemba Empat.

Darminto Prastowo & Aji Suryo. (2002). Analisis Laporan Keuangan Hotel. Yogyakarta: ANDI.

Djaslim Saladin. (2006). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Edith & Hal Weiss. (1991). Catering Hand Book. New York: Van Nostrand Reinhold.

Eeng Ahman & Yana Rohman. (2007). Pengantar Teori Ekonomi Mikro. Bandung: Rizqi Press.

Furqon. (1999). Statistika Terapan Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Kardigantara, Suseno. (2006). Diktat: Operasional Katering. Bandung: STPB.

Nancy Loman Scanloan 2nd edition. (2000). Catering Management. Canada: Jhon Wiley & Sons, Inc.

Nazir, Moh. (1999). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Prastowo, Dwi & Rifka Juliaty. (2005). Analisis Laba Kotor. edisi kedua. Jakarta: UPP STIM YKPN.

Sekaran. (2006). Metodologi Penelitian. Buku 1. Bandung: Salemba Empat.

Soeparman, Hary. (2007). Diktat: F & B Cost Control. Bandung: STPB.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Theses, Dissertation:

Maretta Wiwin. (2010). Pengaruh Pengalaman Usaha, Kemampuan Manajerial, dan Perilaku Kewirausahaan Terhadap Laba Pengusaha Industri Jasaboga/Katering Di Kota Bandung. Skripsi. UPI Bandung. Tidak diterbitkan.

Nurjanah, Ina. (2008). Peranan Penerapan Biaya Standar dalam Efektivitas Pengendalian Biaya Produksi. Skripsi. UNWIM Bandung. Tidak diterbitkan.

Siti Mariam (2010). Perbandingan Metode Konvensional dengan Activity Based Costing Berdasarkan Akurasi Penentuan Overhead dalam Perhitungan Cost of Goods Manufaktured Pada PT. Multi Rezekitama. Skripsi. Maranatha Bandung. Tidak diterbitkan.


Article Metrics

Abstract - 613 PDF - 306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.