PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT ERLANGGA TEOUR TRAVEL BERKAH BALARAJA

Mohammad Rohman Bashari, RD Hera Merdeka, Adrial Adrial

Abstract


Abstract. This study aims to observe and analyze the quality of services provided by PT. Erlangga Tour Travel Blessings. Various variables that are the focus of this study include the five dimensions of service quality, namely physical aspects, reliability aspects, responsive aspects, assurance aspects, and empathy aspects. The assessment of service quality also involves customer satisfaction as the main indicator. The results of this study reveal that the quality of services provided by PT. Erlangga Tour Travel Berkah shows a high level of relevance in all of the five dimensions, with a correlation value of 0.852 or equivalent to 85.2% in percentage terms. These findings as a whole illustrate that customers are very satisfied with the services provided by the company. Several elements that contribute to the level of customer satisfaction include the quality of physical facilities in the office which are quite good, the ability to convey promotions quickly by staff, the level of friendliness and courtesy of service from employees, employee attention to customer needs, as well as individual interaction and communication that is established by employees and customers.

Keywords: Service quality, customer satisfaction

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dan menganalisis kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. Erlangga Tour Travel Berkah. Berbagai variabel yang menjadi fokus dalam penelitian ini mencakup kelima dimensi kualitas pelayanan, yakni aspek fisik,aspek keandalan,aspek responsif, aspek jaminan, dan aspek empati. Penilaian atas kualitas layanan tersebut juga melibatkan kepuasan pelanggan sebagai indikator utama. Hasil dari penelitian ini mengungkap bahwa kualitas layanan yang disajikan oleh PT. Erlangga Tour Travel Berkah menunjukkan tingkat keterkaitan yang tinggi dalam seluruh kelima dimensi tersebut, dengan nilai korelasi mencapai 0,852 atau setara dengan 85,2% dalam bentuk persentase. Temuan ini secara keseluruhan menggambarkan bahwa pelanggan merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Beberapa elemen yang turut berkontribusi terhadap tingkat kepuasan pelanggan termasuk kualitas fasilitas fisik di kantor yang sudah cukup baik, kemampuan dalam menyampaikan promosi secara cepat oleh staf, tingkat keramahan dan kesopanan layanan dari karyawan, perhatian karyawan terhadap kebutuhan pelanggan, serta interaksi individu dan komunikasi yang dijalin oleh karyawan dengan pelanggan.

Kata kunci: Kualitas pelayanan kepuasan pelanggan

 


Full Text:

PDF

References


Parasuraman, A. et al., (1985). "A conceptual model of service quality and its implications for future researh" Journal of marketing. Vol. 49.

Adi Hamzana, A. (2018). Pelaksanaan Standarisasi Pelayanan Pariwisata Halal dalam Pengembangan Pariwisata di Nusa Tenggara Barat. Pena Justisia: Media Komunikasi Dan Kajian Hukum, 17. https://doi.org/10.31941/pj.v17i2.545

Alvianna,Stella. 2017.” Analisis Pengaruh Harga Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Taman Wisata Air Wendit Kabupaten Malang”. Jurnal ISSN Vol. 2 No. 01.

Anwar Prabu Mangkunegara. 2015. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan kedua belas. Remaja Rosdakarya:Bandung

Azwar, Saifudin. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bitner, Zeithaml. (2003). Reassement Of Expectations As A Compaison Standar.

In Measuring Service Quality: Implication For Futher Reseacrh.

Danang, Sunyoto. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku

Seru.

David A, Garvin. (1984) Sloan Management Review “What Does Product Quality

Really Mean?”

Damardjati, R.S. 2001. Istilah-istilah Dunia Pariwisata. Jakarta: Pradnya

Paramita.

Dwi hapsari, B.C (2012) Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa pada Oryza

Fandy Tjiptono,2001.Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta.

Fandy Tjiptono,2002.Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta.

Fandy Tjiptono. 2005. Brand Management and strategy. Edisi Pertama. Andi: Yogyakarta.

Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, edisi Ketiga, Yogyakarta, Andi.

Freddy Rangkuti. 2017. Customer Care Excellent Meningkatkan Kinerja Perusahaan melalui Pelayanan Prima Plus Analisis Kasus Jasa Raharja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 25. Badan Penerbit

Haq,M.Adidil. 2009. TT. Biro Perjalanan Wisata

Hutabalian, Y. H., & Kalangi, J. S. (2015). Peran Customer Service dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Politeknik.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran,Edisi Milenium. (2002). Jakarta: PT.Prehalindo.

Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Lupiyoadi,R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat

Parasuraman, Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. 1988. “SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”. Journal of Retailing. Vol 64 (1) pp 12- 37

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta, CV.

Sunyoto, Danang. (2013). Teori, Kuesioner & Analisis Data Untuk Pemasaran

Utama, I Gusti Bagus Rai. 2017. Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: CV. Andi

Wahyu, K. dan Aji, H.S. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan bukti fisik Terhadap Kepuasan Konsumen.

Zulian Yamit. (2013). Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia


Article Metrics

Abstract - 208 PDF - 349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.