Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Usia 5-7 Tahun di TK Kharisma Global School Kec. Panunggangan Barat Kab. Tangerang

Yulia Alfiani, Yayah Rukhiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris anak melalui kegiatan bernyanyi. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan hambatan dalam kemampuan penguasaan kosakata yaitu dimana anak sangat sulit menghafal kata-kata bahasa Inggris yang disampaikan guru, terutama untuk menghafal katakata yang lebih dari satu suku kata, serta adanya kesalahan-kesalahan atau ketidaktepatan dalam menjawab arti yang dimaksud dalam pembelajaran bahasa Inggris. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui 3 siklus, siklus terdiri atas perencanaa (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah 9 anak kelompok B yang belum maksimal memahami kosakata bahasa Inggris. Teknik pengumpulan data melalui catatan lapangan, catatan wawancara dan dokumentasi foto kegiatan. Pembelajaran Bahasa Inggris melalui metode bernyanyi ini merupakan suatu metode pembelajaran yang sederhana karena dalam pembelajaran ini, anak dimudahkan dalam menghafal kosakata Bahasa Inggris secara tidak langsung sehingga dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa terutama Bahasa Inggris. Dengan metode bernyanyi anak–anak akan dapat mengungkapkan isi pikiran dan perasaan melalui nada dan kata – kata. Metode bernyanyi merupakan salah satu kegiatan yang bisa menumbuhkan semangat anak untuk belajar, karena metode bernyanyi dapat dilakukan sambil bermain dengan prinsip pembelajaran di TK. Kemampuan kosakata bahasa Inggris anak pada siklus I mencapai 40%, pada siklus II meningkat mencapai 67% dan meningkat lebih baik lagi pada siklus III yaitu 89 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variasi dalam pembelajaran memiliki peranan penting dalam meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Inggris dengan metode bernyanyi.

Keywords


Kosakata Bahasa Inggris, Metode Bernyanyi, Anak usia 5-7 tahun

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v10i1.1766

Article Metrics

Abstract - 723 PDF - 402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: jurnalceria@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats