Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Kelompok B di TK Daarul Hikmah

Ajijah Sadiah Nufus, siti Jukhariyah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. pembelajaran yang di terapkan adalah bermain peran (role playing). Penelitian ini di lakukan dengan alur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus  dan tiap siklusnya terdiri atas 4 tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif  dilaksanakan di TK Daarul Hikmah Cipondoh Kota Tangerang pada bulan Oktober 2020, dengan subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri 10 anak.Rumusan masalah dinpenelitian ini adalah 1.apakah metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak?,2.bagaimana metode bermain peran  dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Dan permasalahannya untuk mencari sebuah solusi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggunakan metode bermain peran aspek kemampuan berbicara meningkat. Hal ini dapat di lihat dari hasil siklus 1 anak mendapat nilai 25%, siklus ke II anak mendapat nilai 50% dan pada siklus ke III rata-rata 95% sesuai indikator peneliti yang ingin di capai.Hasil di atas memperlihatkan bahwa kemampuan berbicara anak, melalui tekhik bermain peran di TK Daarul Hikmah Cipondoh kota Tangerang Meningkat. Hal ini menunjukan bahwa teknik bermain peran (Role Playing) layak dan dapat di gunakan, untuk di terapkan di sekolah karena memberikan hasil yang baik khususnya dalam kemampuan berbicara.

Kata kunci:  Bermain peran (Role Playing), Kemampuan Berbicara


Keywords


bermain peran, kemampuan berbicara



DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v10i1.4833

Article Metrics

Abstract - 406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats