PENGARUH TEKNIK PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Rika Sukmawati

Abstract


Abstrak

Penilaian dapat menghasilkan tindakan untuk meningkatkan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar, penilaian  menghasilkan informasi sebanyak mungkin, yang relevan dengan pembelajaran, baik informasi formal maupun informal. Banyak alternatif atau teknik lain penilaian, antara lain : produk dari siswa, portofolio siswa, karya tulis siswa, penyelidikan oleh siswa, penilaian kinerja, dan pengamatan. Salah satu teknik penilaian adalah Portofolio merupakan bentuk nontes, merupakan representasi kerja siswa yang dikumpulkan selama kurun waktu tertentu dan fokus dalam pemecahan masalah, berpikir dan pemahaman, komunikasi tertulis, koneksi matematika dan pandangan siswa terhadap dirinya sebagai insan matematika. Portofolio berupa koleksi produk siswa dan laporan proses yang dilalui siswa, yang meliputi rentang waktu yang panjang, dapat memberikan gambaran yang  lengkap tentang perkembangan dan kompetensi siswa yang bersangkutan. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik penilaian terhadap hasil belajar matematika di SMK Paramitha 1 Jakarta timur. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dimana eksperimen dengan pengontrolan yang tidak dapat mengontrol semua aspek yang dapat mempengaruhi hasil eksperimen melainkan disesuaikan dengan situasi yang ada. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMK Paramitha 1 kelas X di Jakarta timur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes hasil belajar matematika terhadap matematika. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk menganalisis pengaruh teknik penilaian terhadap hasil belajar matematika

Kata kunci: Teknik penilaian portofolio, hasil belajar matematika


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Pedoman Pengembangan Portofolio untuk Penilaian. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional. 2003-2004.

E.T. Ruseffendi. Pengajaran Matematika Modern, Bandung: Tarsito.1990.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rosda Karya.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2003. Kamus Bahasa Indonesia, Cetakan Ke- III. Jakarta: Balai Pustaka.

Wayatt, Robert L and Sandra Looper. 1999. So You Have A Portofolio. Orwin Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v5i2.1477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View PrimaJPM Stats