ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER

Yenni Yenni, Ragil Setyo Aji

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa pada pokok bahasan kubus dan balok. Jenis penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan maksud menggambarkan kemampuan penalaran matematis siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang dupilih dengan cara purposif. Tahapan penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan. Instrumen utama adalah peneliti dengan menggunakan perangkat tes penalaran matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa NHT tidak sepenuhnya dapat mempengaruhi dan meningkatkan kemampuan penalaran siswa. Terdapat indicator penalaran matematis yang tidak dapat dicapai oleh siswa dengan baik, terbukti  lebih dari 50% siswa capaian kemampuan penalaran matematisnya masih di bawah KKM. Indikator tersebut yaitu memeriksa suatu kesahihan argument, melakukan manipulasi matematika, dan memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi .

Kata kunci: Kemampuan penalaran matematis, numbered heads together

 


Full Text:

PDF

References


Asma, Nur. 2008. Model Pembelajaran Kooperatif. Padang : Universitas Negeri Padang Press

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Lie, Anita. 2004. Kooperatif learning.Jakarta : PT Grasindo

Slavin. E Robert . 2005. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaraan Inovatif. sidoarjo : Masmedia Buana Pustaka

Trianto. 2009. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Wena, Made. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kotemporer. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Yenni, 2012. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Penalaran Matematis Santri Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournament Pada Madrasah Tsanawiyah Berbasis Pesantren. Tesis. Tidak dipublikasikan. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v5i2.1481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View PrimaJPM Stats