EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN THE POWER OF TWO DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Sri Mukti Ayu Wandira, Indhira V.Y Asih, Aan Subhan Pamungkas

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis  yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Berdasarkan hasil survey PISA menyatakan bahwa kemampuan tersebut di tingkat SMP masih tergolong rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan The Power of Two. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kemampuan pemecahan masalah mateamatis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran  kooperatif tipe Think Pair Share dan The Power of Two serta untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika setelah menggunakan kedua model pembelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMPN 10 Kota Serang tahun ajaran 2015/2016, dengan  teknik purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk uraian dan skala sikap siswa dengan skala Likert. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two.

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kooperatif , Think Pair Share, The Power of Two

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal. (2015). Intuisi dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia.

Eka, Rully. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Skripsi Pendidikan Matematika UNTIRTA: tidak diterbitkan.

Hartono, Yusuf. (2014).Matematika Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 64 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (Online). (http://sdm.data.kemdikbud.go.id/SNP/dokumen/Permendikbud%20No%2064%20Tahun%202013%20(lampiran).pdf). Diakses 9 Januari 2016.

National Research Council (NRC). (1989). Everybody Counts. A Report to the Nation on the Future of Mathematics Education. Washington DC: National Academy Press. (Online)

https://ia601409.us.archive.org/7/items/everybodycountsa003730mbp/everybodycountsa003730mbp.pdf. Diakses 4 Februari 2016.

Polya, G. (1973). How to Solve it. New Jersey: Princeton University Press. (Online). (https://notendur.hi.is/hei2/teaching/Polya_HowToSolveIt.pdf).

Diakses 11 Januari 2016.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Ruseffendi. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito Bandung.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.

Silberman, Melvin L. (2013). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sugiyono. (2013). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika untuk Guru dan Mahasiswa Guru Matematika. Bandung: JICA.

Supinah. (2008). Pembelajaran Matematika SD dengan Pendekatan Kontekstual dalam Melaksanakan KTSP. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika. (Online) (http://p4tkmatematika.org/fasilitasi/11-Pembelajaran-matematika-kontekstual-sd-ktsp-supinah.pdf). Diakses 11 Januari 2016.

Trisdiono, Harli dan Widyaiswara Muda. (2013). Strategi Pembelajaran Abad 21. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Prov. D.I. Yogyakarta. (Online). http://lpmpjogja.org/strategi-pembelajaran-abad-21/. Diakses 3 Februari 2016.

Wardhani, Sri. Dkk. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP:

Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika. (Online). (http://p4tkmatematika.org/file/Bermutu%202011/SMP/4.INSTRUMEN%20PENILAIAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATEMATIKA%20.....pdf). Diakses 11 Januari 2016.

Wilson, J.W, Fernandez, M.L, & Hadaway, N. (1993). Matehematical Problem Solving. (Online). (http://jwilson.coe.uga.edu/emt725/PSsyn/Pssyn.html). Diakses 19 Januari 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v1i1.250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View PrimaJPM Stats