PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa antara yang mendapat pendekatan pembelajaran CTL dan yang mendapat pembelajaran konvensional, untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapat pendekatan pembelajaran CTL dan yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Tigaraksa pada semester 2 tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, terpilih dua kelas yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa instrumen tes kemampuan penalaran matematis pada materi segiempat yang berbentuk essay sebanyak 5 soal. Data skor kemampuan penalaran matematis dianalisis dengan statistika deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukan : (1) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa antara yang mendapat pendekatan pembelajaran CTL dan yang mendapat pembelajaran konvensional, (2) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapat pendekatan pembelajaran CTL lebih baik dari yang mendapatkan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, penalaran matematisFull Text:
PDFReferences
Arifin, Z. (2011). Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Bani, A. (2011). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing, SPS UPI, Bandung. ISSN 1412-565X. No 1. Diakses 23 Desember 2015.
Erman, H. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA.
Hamdayama, J. (2014). Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Herita, D., Armiati, Nilawasti. (2014). Penerapan Contextual Teaching And Learning Dan Kaitannya Dengan Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. No. 1, Vol. 3, 17. Diakses 11 Oktober 2015.
Hudaedah, D. (2014). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika tentang Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual. Bandung, 16 Januari.
Kusrini, Mayon, J. T., Susanah, Wijayanti, P., (2014). Strategi Pembelajaran Matematika. Ed.2. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Lanani, K. (2015). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Ditinjau Dari Peningkatan Kemampuan Penalaran Logis Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, No.2, Vol 4, 143. Diakses 11 Oktober 2015.
Masruah, A. (2014). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika tentang Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP Melalui Pendekatan Kontekstual. Bandung, 16 Januari.
Muharom, T. (2014). Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Peserta Didik Di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan No. 1, Vol. 1, artikel 1, 5. Diakses 20 September 2015.
Muslich, M. (2009). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Kontekstual. Ed.1. Jakarta: Bumi Aksara.
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM), Inc. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: NCTM. Diakses 1 November 2015.
Rasyid, H., Mansur. (2012). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.
Riadi, E. (2014). Metode Statistika Parametrik & Nonparametrik. Tangerang: PT. Pustaka Mandiri.
Riduwan., Sunarto, H. (2011). Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta
Rosnawati, R. (2013). Prosiding Seminar Nasional Penelitian tentang Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Indonesia Menurut Benchmark Internasional TIMSS 2011. Yogyakarta, 18 Mei.
Sanjaya, H. W., (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Shadiq, F. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Makalah disajikan pada Diklat Instruktur/Pengembangan Matematika SMA Jenjang Dasar Tanggal 16 s.d. 19 Agustus 2004. PPPG Matematika. Yogyakarta.
Siswanto, R. (2014). Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Software Geogebra (Studi Eksperimen Di SMAN 1 Cikulur Kabupaten Lebak Propinsi Banten). Jurnal Pendidikan dan Keguruan, No. 1, Vol. 1 , artikel 7, 4. Diakses 21 Oktober 2015.
Soleh, N., Rochmad., Supriyono. (2014). Kemampuan Penalaran Deduktif Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran Model-Eliciting Activities. Unnes Journal of Mathematics Education, ISSN 2252-6927, 36. Diakses 11 Oktober 2015.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suhana, N. (2014). Peningkatan kemampuan penalaran matematis berpikir logis dan self esteem siswa SMP melalui model pembelajaran kooperatif tipe struktural. Tesis. Diakses 28 September 2015.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika. Diakses 20 November 2015.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v1i1.251
Article Metrics
Abstract - 3314 PDF - 2664Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: primajpm@gmail.com
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 | e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.