HUBUNGAN MOTIVASI DAN PERILAKU TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI

Ahmad Fadillah, Abdul Baist

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan perilaku dengan hasil belajar matematika ekonomi. Sampel penelitian ini ialah mahasiswa program studi pendidikan matematika yang mengikuti mata kuliah matematika ekonomi sejumlah  60  orang. Data  diperoleh  menggunakan  skala  motivasi  dan  skala  perilaku  serta  nilai  akhir  mata  kuliah  matematika ekonomi. Data  dianalisis  menggunakan analisis korelasi. Hasil analisis data menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi dengan hasil belajar matematika ekonomi (r = 0,761 untuk α = 0,05);  (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perilaku dengan hasil belajar matematika ekonomi (r = 0,718 untuk α = 0,05);   (3)  terdapat  hubungan  yang  positif  dan  signifikan  antara  motivasi dan perilaku secara simultan dengan prestasi belajar Matematika Ekonomi (r = 0,839 untuk α = 0,05). Jadi, motivasi dan perilaku memiliki hubungan yang positif dan  signifikan terhadap hasil belajar mahsiswa, khususnya  pada  mata  kuliah matematika ekonomi.

Kata Kunci: motivasi, perilaku, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Adicondro, N. & Purnamasari, A. (2011). Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga dan Self Regulated Learning pada Siswa Kelas VIII. [Online 10 Januari 2015 ].

Apranadyanti, N. (2010). Hubungan Antara Regulasi Diri dengan Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas X SMK Ibu Kartini Semarang. [Online 14 Januari 2015].

Arjanggi, R. & Suprihatin, T. (2010). Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi Diri.Makara, Sosial Humaniora [Online 23 Januari 2015].

Ghufron, M. N. & Risnawita, R. S. (2010).Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ilhamsyah. (2012). Pengaruh Efikasi Diri, Metakognisi dan Regulasi Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Wajo. Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Tidak diterbitkan.

Susanto, H. (2006). Mengembangkan Kemampuan Self Regulation untuk Meningkatkan Keberhasilan Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur [Online 2 Februari 2015].

Widawati, L. (2006). Hubungan Otonomi dengan Regulasi Diri pada Bidang Akademik Siswa SMU Terpadu. Mimbar [Online 10 Februari 2015].

Wilis, R. D. (1996). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v1i1.253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View PrimaJPM Stats