PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PADA MATERI GEOMETRI TRANSFORMASI MENGGUNAKAN GEOGEBRA

Kathrin Nur Wulandari, Aji Raditya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan lembar kerja siswa matematika berbasis Geogebra untuk geometri SMA. Penelitian ini ingin menghasilkan lembar kerja siswa pada materi transformasi menggunakan Geogebra. Prototipe lembar kerja siswa ini memiliki dua tipe, yaitu lembar kerja siswa dan applet Geogebra. Lembar kerja siswa memuat bermacam aktivitas dan latihan yang membuat siswa dapat bereksplorasi. Applet Geogebra mudah untuk siswa dalam memahami materi rotasi. Software Geogebra digunakan tidak hanya karena dapat merepresentasikan rotasi dengan cara yang interaktif tetapi juga gratis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D Thiagarajan, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Tetapi penelitian ini terbatas hingga pengembangan dengan validasi oleh dua ahli yaitu ahli materi matematika dan ahli media. Penelitian lanjut harus dilakukan untuk mendalami efektifitas, kepercayaan diri siswa, dan kecerdasan matematika lainnya.

Kata Kunci: model 4D, Geogebra, rotasi, geometri transformasi, lembar kerja siswa


Full Text:

PDF

References


Diković, Ljubica. (2009). Application Geogebra into Teaching Some Topics of Mathematics at the College Level. ComSIS. Volume 6. 191 – 203.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM

Suratno, Joko. (2016). The Development of Students Worksheet Using Geogebra Assisted Problem-Based Learning and its Effect on Ability of Methematical Discovery of Junior High Students. Implementation and Education of Methematics and Science : Proceeding of 3thInternational Coference on Research. Yogyakarta.

Triagarajan, Sivasailami and others. (1974). Instructional Development for Training teachers of Exceptional Children A Sourcebook.Washington, DC.

Xistouri, X and Pantazi, D. P. (2013). Using Geogebra to develop primary scool students’ understanding of reflection. North American Geogebra Journal. Volume 2. 19 – 23.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v1i1.257

Article Metrics

Abstract - 1158 PDF - 1059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prima: Jurnal Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: primajpm@gmail.com


Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 View PrimaJPM Stats