PENERAPAN PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK

Kiki Nia Sania Effendi

Abstract


Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Advance Organizer yang bertujuan untuk: mengetahui apakah kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Advance Organizer lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, dan apakah terdapat hubungan pemahaman matematis siswa dengan motivasi belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran Advance Organizer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain kelompok pretes-postes. Penelitian dilakukan terhadap salah satu SMK di Kabupaten Karawang. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan skala motivasi. Tes yang digunakan adalah tes uraian, sedangkan skala motivasi menggunakan Skala Likert. Data yang diperoleh adalah nilai pretest, posttest dan n gain dari tes kemampuan pemahaman matematis siswa serta motivasi belajar siswa. Data dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (Uji-t). Hasil penelitian menunjukan peningkatan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Advance Organizer lebih baik daripada peningkatan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, motivasi belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Advance Organizer lebih baik daripada motivasi belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, dan terdapat hubungan antara kemampuan pemahaman matematis siswa dan motivasi belajar siswa.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Advance Organizer, Kemampuan Pemahaman Matematis, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Abiansyah, T. (2007). Advance Organizer untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Topik Hidrokarbon. Universitas Pendidikan Indonesia.

Dahlan, J. A. (2004). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama melalui Pendekatan Open Ended. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96.

Maizon, H. (2010). Pembelajaran Kuantum untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika dan Motivasi Belajar Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics (3rd ed.). Virginia: NCTM.

Pebrinovita, W. (2013). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Kota Pekan Baru. Journal of EST, (1), 1–12.

Permana, Y. (2010). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman, Komunikasi, dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Model-Eliciting Activities. Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved from http://repository.upi.edu/8020/

Prikasih. (2003). Penggunaan Model Pembelajaran Advance Organizer untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Fisika. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.

Santoso, S. (2001). SPSS versi 10. Jakarta: Gramedia.

Schunk, D. H., Meece, J. R., & Pintrich, P. R. (2010). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications. New Jersey: Pearson Education.

Stiggins, R. (2006). Assessment for learning: A key to motivation and achievement. Edge: The Latest Information for the Education …, 2(2), 3–19. Retrieved from http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:Assessment+for+learning:+A+key+to+motivation+and+achievement#0

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v2i1.419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prima: Jurnal Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: primajpm@gmail.com


Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 View PrimaJPM Stats