ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA BERDASARKAN PENGETAHUAN AWAL MATEMATIS

Indrie Noor Aini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan strategi Mathematical Habits of Mind lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional ditinjau dari pengetahuan awal matematis (tinggi, sedang, dan rendah). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi-eksperimen dengan desain perbandingan kelompok statis. Instrumen-instrumen dalam penelitian ini adalah tes Pemahaman awal matematis (PAM) dan kemampuan berpikir kreatif matematis. Data hasil penelitian dianalisis dengan ANOVA dua jalur dan uji t. Hasil dari penelitian ini adalah untuk kategori pengetahuan awal matematika siswa atas dengan nilai signifikansi 0,010 dan kategori pengetahuan awal matematika siswa tengah dengan nilai signifikansi 0,046 peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan strategi MHM secara signifikan terdapat perbedaan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Sedangkan untuk kategori pengetahuan awal matematika siswa bawah dengan nilai signifikansi 0,936 peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan strategi MHM secara signifikan tidak terdapat perbedaan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.Secara garis besar hasil dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan dengan strategi mathematical habits of mind (MHM) lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional baik ditinjau dari pengetahuan awal matematis dan pembelajaran menggunakan strategi MHM memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci:kemampuan berpikir kreatif matematis, pengetahuan awal maematis

 


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Pusat Kurikulum. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Millman, R. S., & Jacobbe, T. (2008). Fostering Creativity in Preservice Teachers Through Mathematical Habits of Mind. Proceeding of the Discussing Group 9. In The 11th International Congress on Mathematical Education. Monterrey, Mexico. Retrieved from http://dg.icme11.org/document/ get/272

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v2i1.423

Article Metrics

Abstract - 1722 PDF - 1452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prima: Jurnal Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: primajpm@gmail.com


Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 View PrimaJPM Stats