ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA

Farid Tri Ribkyansyah, Yenni Yenni, Dian Nopitasari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan representasi matematis siswa SMP pada pokok bahasan statistika dan kemampuan representasi siswa berdasarkan kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil tes kemampuan representasi berdasarkan indikator yang diteliti menunjukkan bahwa siswa yang dapat menggambarkan diagram, grafik atau tabel dari data yang disajikan mencapai 31,02%, siswa dapat menggunakan model matematika untuk menyelesaikan permasalahan matematika mencapai 23,27%, serta siswa dapat menyimpulkan dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis dari data yang disajikan mencapai 45,71%. Hasil analisis data siswa yang memiliki kemampuan representasi siswa tinggi mampu menyelesaikan permasalahan matematika dengan menggunakan representasi visual (diagram batang), model matematis, dan verbal (kata-kata). Siswa yang memiliki kemampuan representasi sedang hanya mampu menyelesaikan permasalahan matematika dengan menggunakan representasi visual (diagram batang) dan verbal (kata-kata), serta siswa yang memiliki kemampuan representasi rendah hanya mampu menyelesaikan permasalahan matematika dengan menggunakan representasi verbal (kata-kata).

Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis Siswa


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Dahlan, Jarnawi Afgani. (2011). Analisis Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual, [online], (http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/download/273/184, diakses 7 Desember 2016).

Hasratudin. (2014). Jurnal Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter, Vol. 1, No. 2.

Hendriana, H & Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Lestari, K.E & Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Murni, Atma. (2013). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Metakognitif dan Pembelajaran Metakognitif Berbasis Softball Skill, [online], (http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JP/article/view/1828, diakses 5 Desember 2016).

Ramziah, Siti. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X2 SMAN 1 Gedung Meneng Menggunakan Bahan Ajar Matriks Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Muosharafa, vol.8, Nomor 3.

Rangkuti, Ahmad Nizar. (2011). Representasi Matematis, [online], (http://jurnal.iainpadangsidempuan.ac.id/index.php/JP/article/download/.../150 , diakses 9 Desember 2016).

Riadi, Edi. (2014). Metode Statistika Parametrik dan Non Parametrik Untuk Penelitian Ilmu Sosial dan Ilmu Pendidikan. Tangerang :PT. Pustaka Mandiri.

Sabirin, Muhammad (2014). Representasi Dalam Pembelajaran Matematika, Vol. 01, No.2 (http://download.portalgaruda.org/article, diakses 6 Desember 2016).

Simanjutak. (2015). Peningkatan Kemampuan Representasi dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Transformasi Dengan Strategi Think–Talk–Write (TTW) Berbantuan Kartu Domino, [online], (http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/3355, diakses 6 Desember 2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v2i2.711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN:   2579-9827   e-ISSN:   2580-2216    ) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


View PrimaJPM Stats