STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL JATI JAKARTA DALAM MEMBANGUN EKUITAS MEREK
Abstract
Persaingan bisnis perhotelan untuk memperebutkan pelanggan tidak lagi terbatas pada atribut fungsional produk seperti fasilitas dan pelayanan, melainkan sudah dikaitkan dengan merek yang mempu memberikan citra khusus bagi pelanggannya. Tingkat persaingan yang makin kuat, merek memberikan kontribusi menciptakan dan menjaga daya saing sebuah produk. Merek akan dihubungkan dengan citra khusus yang mampu memberikan asosiasi tertentu dalam benak pelanggannya. Permasalahan yang diambil bagaimana strategi komunikasi pemasaran Hotel Jati dalam membangun ekuitas merek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dalam rangka membangun ekuitas merek pada Hotel Jati Jakarta. Teori yang digunakan adalah teori kendali organisasi dari Philip Tompkins, George Cheney. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi dengan teknik purposive sampling. Obyek penelitian adalah Hotel Jati Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan komunikasi pemasaran yang telah dilakukan oleh Hotel Jati tersebut mereka mampu meraih perhatian tertinggi di benak masyarakat sebagai calon konsumen maupun konsumen tetap/pelanggan. Hotel Jati Jakarta telah menempati puncak pemikiran konsumen sebagai produk dengan kualitas yang baik dan dengan harga yang terjangkau dan setingkat lebih baik dibanding hotel-hotel lain dikelasnya. Teori kendali organisasi Philip Tompkins, George Cheney memang sesuai dengan hasil yang didapatkan dengan menggunakan kendali konsertif (consertive control) dengan menggunakan hubungan interpersonal serta kerjasama tim sebagai kendali didalamnya.
Kata kunci : Komunikasi Pemasaran, Ekuitas MerekFull Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rhineka Cipta
Effendi, O.U, 1999, Ilmu Komunikasi: teori dan Praktek, Remaja Rosdakarya,Bandung Kotler, Philip, 2001, Manajemen Pemasaran, PT Prehalindo, Jakarta
Kountur, Ronny. 2003. Metode Penelitian : Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta : PPM
Kountur, Ronny. 2003. Metode Penelitian : Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta : PPM
Kriyantono, Rakhmat. 2007. Teknik Praktis riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Mulyana, Deddy. 2002. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Pace, R.Wayne dan Don F. Faules. 2001. Komunikasi Organisasi : Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rakhmat, Jalaluddin. 2001. Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. Bandung : Remaja Rosdakarya
Rakhmat, Jalaluddin. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sutopo, H.B. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press
Sutisna, 2003, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, PT. Remaja Rosadakarya, Bandung
Swastha, Basu dan Irawan, 2000, Manajemen Pemasaran: Strategi dan Taktik, Ghalia, Bogor
Wibowo, Aditya Mukti. 2012. Kegiatan Komunikasi Pemasaran Dalam Rangka Membangun Ekuitas Merek Hotel Jati. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.
Siskawati, Milla 2012. Aktivitas Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Upaya Membangun Ekuitas Merek Hotel Lor In Business Resort dan SPA. : Universitas Sebelas Maret.
Widyaningrum, Santi Tri. 2013. Analisis Ekuitas Merek (Brand Equity) Melalui Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communications - IMC) Pada PT. Nasmoco Majapahit Semarang. Yogyakarta : Universitas Diponegoro.
Article Metrics
Abstract - 11720 PDF - 989Refbacks
- There are currently no refbacks.