PENERAPAN LEARNING HYBRID PADA MASA TRANSISI PANDEMI COVID-19 (Mahasiswa Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif)

Aliyah Aliyah

Abstract


This research discusses hybrid learning as a solution in learning after the Covid-19 pandemic. The approach used is a qualitative approach with a type of literature study research. Researchers try to explore information and knowledge from various existing literature and references. The result of this study is where the faculty of tourism and creative industries decided to divide the hybrid learning system into: a. In parallel to go online through google meet andshare learning schedules for 14 meetings in one semester. b. Learning is divided based on courses that require face-to-face (practice). Keyword : Covid-19 Pandemic, Hybrid Learning

Penelitian ini membahas tentang hybrid learning sebagai solusi dalam pembelajaran pasca pandemi Covid-19. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka. Peneliti berusaha menggali informasi dan pengetahuan dari berbagai literatur dan referensi yang ada. Hasil penelitian ini adalah dimana fakultas pariwisata dan industry kreatif memutuskan membagi system hybrid learning menjadi : a. Secara paralel untuk online melalui google meet dan pembagian jadwal pembelajaran untuk 14 kali pertemuan dalam satu semester. b. Pembelajaran yang dibagi berdasarkan mata kuliah yang membutuhkan tatap muka (praktek). Keyword : Pandemik Covid-19, Hybrid Learning


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

M. T. Aziz, S. Ariga, and A. Haris, “Hybrid Learning dalam Pembelajaran PAI Pasca

Pandemi Covid-19,” … Ilmu Sos. Dan …, vol. 2, no. 2, pp. 690–695, 2022, [Online].

Available: http://jurnal.permapendissumut.org/index.php/edusociety/article/view/229%0Ahttp://jurnal.permapendissumut.org/index.php/edusociety/article/download/229/166

S. E. Dewanto and K. Umam, “Penerapan Hybrid Learning dalam Pembelajaran

Pendidikan Agama Islam di Tengah Pandemi Covid-19,” J. Pendidik. Agama …, vol.

, no. 1, pp. 14–28, 2022, [Online]. Available: https://al-adabiyah.iainjember.ac.id/index.php/adabiyah/article/view/323%0Ahttps://al-adabiyah.iainjember.ac.id/index.php/adabiyah/article/download/323/57

A. R. Riyanda, T. Agnesa, A. Wira, A. Ambiyar, S. Umar, and U. Hakim, “Hybrid

Learning: Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19,” J. Basicedu,

vol. 6, no. 3, pp. 4461–4469, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2794.

H. Rusyada and M. Nasir, “Efektivitas Penerapan Hybrid Learning Pasca Pandemi

Covid-19 di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 1714–1723, 2022, doi:

31004/basicedu.v6i2.2275.

B. Sumardiana, S. Fergina, S. Nurmala, T. S. Nanda, and N. N. Oktaviani, “Penerapan

Hybrid Learning System di era Pandemi Covid-19 Sebagai Upaya Untuk Mewujudkan

Hak Belajar Anak Berdasarkan Undang-Undang Sisdiknas di Desa Padasugih Brebes,”

J. Pengabdi. Huk. Indones. (Indonesian J. Leg. Community Engag. JPHI, vol. 5, no. 1,

pp. 10–22, 2022, doi: 10.15294/jphi.v5i1.49910.

R. Resti tri arsya, “Hybrid Learning: Model Pembelajaran Pada Masa Pandemi Di Sd

Negeri 18 Alang Lawas Kota Padang,” Scholast. J. J. Pendidik. Sekol. DASAR DAN

Pendidik. DASAR (Kajian Teor. dan Has. Penelitian), vol. 5, no. 1, pp. 1–8, 2022, doi:

31851/sj.v5i1.8078.

R. A. N. Pasca, P. Kebijakan, P. Di, and M. Pandemi, “HYBRID LEARNING:

STRATEGI PENYELENGGARAAN PEMBELAJA- RAN PASCA PENERAPAN

KEBIJAKAN PTMT DI MASA PANDEMI COVID-19,” vol. 21, no. 1, pp. 86–96,

M. Makhin, “Hybrid Learning: Model Pembelajaran pada Masa Pandemi di SD Negeri

Bungurasih Waru Sidoarjo,” Mudir J. Manaj. Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 95–103,

, doi: 10.55352/mudir.v3i2.312.

F. Ashadi, F. Universitas, and P. Argopuro, “Firman Ashadi CRITICAL FACTOR

PEMBELAJARAN HYBRID PADA MASA PANDEMI COVID-19,” pp. 66–75,

Eka Dewanto Septian, “PENERAPAN HYBRID LEARNING DALAM

PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI

COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SATYA DHARMA

BALUNG,” Braz Dent J., vol. 33, no. 1, pp. 1–12, 2022.


Article Metrics

Abstract - 248 PDF - 180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.