MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI SOLUSI PERKULIAHAN SELAMA MASA TRANSISI PANDEMI PADA FAKULTAS PARINKRAF
Abstract
The Covid 19 pandemic that occurred in Indonesia certainly had an impact on the field of Education. Online learning is a solution that can be applied amid the Covid-19 pandemic. Since the Covid-19 pandemic, the lecture process at the University of Muhammadiyah Tangerang. With the Blended Learning Method, lectures are divided into 2, namely online lectures and practical lectures (adjusted to the needs of the course). Students continue to apply health protocols in every practice. Learning with multimedia-based interactive media is very helpful for study programs in conducting lectures during the pandemic transition period. Keyword : Interactive Media, Blended Learning Method, Online Lectures
Pandemi Covid 19 yang terjadi di Indonesia tentu membawa dampak pada bidang Pendidikan. Pembelajaran dalam jaringan (daring) adalah solusi yang dapat diterapkan ditengah pandemi Covid- 19. Sejak pandemi Covid-19 proses perkuliahan di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Dengan Metode Blended Learning, perkuliahan dibagi menjadi 2 yaitu perkuliahan daring dan perkuliahan praktek (disesuaikan dengan kebutuhan matakuliah). Mahasiswa tetap menerapkan protocol Kesehatan di setiap praktek. Pembelajaran dengan media interaktif berbasis multimedia sangat membantu prodi dalam melakukan perkuliahan dimasa transisi pandemi. Keyword : Media Interaktif, Metode Blended Learning, Perkuliahan Daring
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
P. Manurung, “Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa
Pandemi Covid 19,” Al-Fikru J. Ilm., vol. 14, no. 1, pp. 1–12, 2021, doi:
51672/alfikru.v14i1.33.
A. Lilis, U. S. R. Iswara, and E. Dwi, “The Effectiveness of Using E-Learning as
Learning Media,” JKBM (Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen), vol. 7, no.
November, pp. 72–81, 2020, doi: 10.31289/jkbm.v7i1.4333.
S. Aisyah and Muhammad Alif Kurniawan, “Penggunaan Media Pembelajaran Daring
pada Masa Pandemi COVID-19,” J. Ris. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 1, no. 1, pp. 48–
, 2021, doi: 10.32665/jurmia.v1i1.195.
M. A. R. Hakim et al., “MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE
LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS BAWAH SEKOLAH
DASAR KOTA BENGKULU ( STUDI program pembelajaran online atau daring .
dipahami sebagai pendidikan formal yang Bahkan Perserikatan Bangsa- Bangsa
aktivitas terken,” vol. 1, 2022.
A. Ramdani, A. W. Jufri, and J. Jamaluddin, “Pengembangan Media Pembelajaran
Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains
Peserta Didik,” J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid.
Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 6, no. 3, p. 433, 2020, doi:
33394/jk.v6i3.2924.
Z. Zahara and I. Sina, “Peran Media Teknologi Pendidikan Pada Kegiatan Belajar
Mengajar Di Tengah Pandemik Covid-19,” Rausyan Fikr J. Pemikir. dan Pencerahan,
vol. 17, no. 2, 2020, doi: 10.31000/rf.v17i2.3035.
C. C. Astuti, A. Wiguna, and N. Ariyanti, “Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Di
Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis IPA,” Sinamu, vol. 2, pp. 7–13, 2020.
P. Dinda and K. Prama, “Jurnal Fundadikdas ( Fundamental Pendidikan Dasar )
Strategi pembelajaran daring berbasis multimedia saat pandemi covid-19 di sd
muhammadiyah noyokerten Multimedia-based online learning strategy during the
covid-19 pandemic at SD Muhammadiyah,” vol. 5, no. 2, pp. 109–123, 2022.
F. Nuriansyah, “Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19,” J.
Pendididikan Ekon. Indones., vol. 1, no. 2, pp. 61–65, 2020, [Online]. Available:
https://ejournal.upi.edu/index.php/JPEI/article/view/28346
A. Abduloh, M. Muhammadiah, H. Harizahayu, C. B. Susilo, S. Saodah, and A. Arifin,
“Implementation of Online Learning Media in the Covid-19 Pandemic,” AL-ISHLAH
J. Pendidik., vol. 13, no. 3, pp. 1958–1966, 2021, doi: 10.35445/alishlah.v13i3.639.
Y. Harvianto, “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar
Pendidikan Jasmani Selama Masa Pandemi Covid-19,” J. Porkes, vol. 4, no. 1, pp. 1–
, 2021, doi: 10.29408/porkes.v4i1.3485.
N. A. Purba, L. N. Sihombing, N. Purba, and ..., “Sosialisasi Media Pembelajaran Pada
Masa Pandemi Di Sekolah Dasar Sd Negeri 091281 Batu Iv,” Abdimas …, vol. 02, no.
, pp. 43–48, 2021, [Online]. Available:
https://ejournal.politeknikmbp.ac.id/index.php/abdimaspkm/article/view/43%0Ahttps:/
/ejournal.politeknikmbp.ac.id/index.php/abdimaspkm/article/download/43/43
S. Amalia and L. Hakim, “Penggunaan Blended Learning System dengan Model Flip
Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus Di MTsS. Sepatan),” AlMuyassar J. Arab. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 108–125, 2023, doi: 10.31000/almuyassar.v2i1.7845.
M. H. Assidiqi and W. Sumarni, “Pemanfaatan platform digital di masa pandemi
covid-19,” Pros. Semin. Nas. Pascasarj., pp. 298–303, 2020, [Online]. Available:
https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519
Article Metrics
Abstract - 264 PDF - 115Refbacks
- There are currently no refbacks.