MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI SOLUSI PERKULIAHAN SELAMA MASA TRANSISI PANDEMI PADA FAKULTAS PARINKRAF

Aliyah Aliyah

Abstract


The Covid 19 pandemic that occurred in Indonesia certainly had an impact on the field of Education. Online learning is a solution that can be applied amid the Covid-19 pandemic. Since the Covid-19 pandemic, the lecture process at the University of Muhammadiyah Tangerang. With the Blended Learning Method, lectures are divided into 2, namely online lectures and practical lectures (adjusted to the needs of the course). Students continue to apply health protocols in every practice. Learning with multimedia-based interactive media is very helpful for study programs in conducting lectures during the pandemic transition period. Keyword : Interactive Media, Blended Learning Method, Online Lectures

Pandemi Covid 19 yang terjadi di Indonesia tentu membawa dampak pada bidang Pendidikan. Pembelajaran dalam jaringan (daring) adalah solusi yang dapat diterapkan ditengah pandemi Covid- 19. Sejak pandemi Covid-19 proses perkuliahan di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Dengan Metode Blended Learning, perkuliahan dibagi menjadi 2 yaitu perkuliahan daring dan perkuliahan praktek (disesuaikan dengan kebutuhan matakuliah). Mahasiswa tetap menerapkan protocol Kesehatan di setiap praktek. Pembelajaran dengan media interaktif berbasis multimedia sangat membantu prodi dalam melakukan perkuliahan dimasa transisi pandemi. Keyword : Media Interaktif, Metode Blended Learning, Perkuliahan Daring


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

P. Manurung, “Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa

Pandemi Covid 19,” Al-Fikru J. Ilm., vol. 14, no. 1, pp. 1–12, 2021, doi:

51672/alfikru.v14i1.33.

A. Lilis, U. S. R. Iswara, and E. Dwi, “The Effectiveness of Using E-Learning as

Learning Media,” JKBM (Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen), vol. 7, no.

November, pp. 72–81, 2020, doi: 10.31289/jkbm.v7i1.4333.

S. Aisyah and Muhammad Alif Kurniawan, “Penggunaan Media Pembelajaran Daring

pada Masa Pandemi COVID-19,” J. Ris. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 1, no. 1, pp. 48–

, 2021, doi: 10.32665/jurmia.v1i1.195.

M. A. R. Hakim et al., “MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE

LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS BAWAH SEKOLAH

DASAR KOTA BENGKULU ( STUDI program pembelajaran online atau daring .

dipahami sebagai pendidikan formal yang Bahkan Perserikatan Bangsa- Bangsa

aktivitas terken,” vol. 1, 2022.

A. Ramdani, A. W. Jufri, and J. Jamaluddin, “Pengembangan Media Pembelajaran

Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains

Peserta Didik,” J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid.

Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 6, no. 3, p. 433, 2020, doi:

33394/jk.v6i3.2924.

Z. Zahara and I. Sina, “Peran Media Teknologi Pendidikan Pada Kegiatan Belajar

Mengajar Di Tengah Pandemik Covid-19,” Rausyan Fikr J. Pemikir. dan Pencerahan,

vol. 17, no. 2, 2020, doi: 10.31000/rf.v17i2.3035.

C. C. Astuti, A. Wiguna, and N. Ariyanti, “Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Di

Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis IPA,” Sinamu, vol. 2, pp. 7–13, 2020.

P. Dinda and K. Prama, “Jurnal Fundadikdas ( Fundamental Pendidikan Dasar )

Strategi pembelajaran daring berbasis multimedia saat pandemi covid-19 di sd

muhammadiyah noyokerten Multimedia-based online learning strategy during the

covid-19 pandemic at SD Muhammadiyah,” vol. 5, no. 2, pp. 109–123, 2022.

F. Nuriansyah, “Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil

Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19,” J.

Pendididikan Ekon. Indones., vol. 1, no. 2, pp. 61–65, 2020, [Online]. Available:

https://ejournal.upi.edu/index.php/JPEI/article/view/28346

A. Abduloh, M. Muhammadiah, H. Harizahayu, C. B. Susilo, S. Saodah, and A. Arifin,

“Implementation of Online Learning Media in the Covid-19 Pandemic,” AL-ISHLAH

J. Pendidik., vol. 13, no. 3, pp. 1958–1966, 2021, doi: 10.35445/alishlah.v13i3.639.

Y. Harvianto, “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar

Pendidikan Jasmani Selama Masa Pandemi Covid-19,” J. Porkes, vol. 4, no. 1, pp. 1–

, 2021, doi: 10.29408/porkes.v4i1.3485.

N. A. Purba, L. N. Sihombing, N. Purba, and ..., “Sosialisasi Media Pembelajaran Pada

Masa Pandemi Di Sekolah Dasar Sd Negeri 091281 Batu Iv,” Abdimas …, vol. 02, no.

, pp. 43–48, 2021, [Online]. Available:

https://ejournal.politeknikmbp.ac.id/index.php/abdimaspkm/article/view/43%0Ahttps:/

/ejournal.politeknikmbp.ac.id/index.php/abdimaspkm/article/download/43/43

S. Amalia and L. Hakim, “Penggunaan Blended Learning System dengan Model Flip

Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus Di MTsS. Sepatan),” AlMuyassar J. Arab. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 108–125, 2023, doi: 10.31000/almuyassar.v2i1.7845.

M. H. Assidiqi and W. Sumarni, “Pemanfaatan platform digital di masa pandemi

covid-19,” Pros. Semin. Nas. Pascasarj., pp. 298–303, 2020, [Online]. Available:

https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519


Article Metrics

Abstract - 264 PDF - 115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.