PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VI SDN I SUKAMAJU

Vera Maria, Nurul Anriani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pola asuh orang tua yang berhubungan dengan disiplin belajar anak (siswa), dimana orang tua merupakan faktor mikro yang mempengaruhi disiplin belajar anak. Penulis melakukan penelitian di SDN 1 Sukamaju Kab. Lebak banten untuk mengetahui adakah pengaruh pola asuh orang tua terhadap disiplin belajar siswa di kelas VI dengan jumlah 34 siswa. Kelas VI merupakan fase dimana dari segi kecerdasan emosional, mereka sudah lebih baik dalam mengatur emosinya dan melibatkan kontrol yang disadari untuk mengaturnya. Penulis melakukan wawancara kepada wali kelas VI mengenai kedisiplinan anak saat di dalam kelas serta mengamati beberapa anak mengenai kedisiplinan di luar kelas ataupun saat di rumah. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa kedisiplinan anak dalam belajar adalah baik. Karena sebagian besar indikator-indikator yang telah ditentukan dalam penilaian kedisiplinan telah tercapai dengan baik, begitupun dengan pola asuh orang tua mendapatkan hasil penilaian yang baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa perolehan rata-rata pada variabel pola asuh orang tua sebesar 73,38%, sedangkan disiplin belajar siswa sebesar 70,39%, dimana yang keduanya terdapat pada kategori Baik. Hasil reliabilitas dari instrumen pola asuh orang tua sebesar 0,944 dan instrumen disiplin belajar sebesar 0,891. Validitas instrumen menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment, sedangkan reliabilitas menggunakan teknik analisis koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan perhitungan mean, median, modus dan standar deviasi dengan bantuan SPSS 25.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Pola Asuh Orang Tua, Disiplin Belajar Siswa

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i1.10416

Article Metrics

Abstract - 116 PDF - 67

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i1.10416.g5382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats