IMLEMENTASI PEMBELAJARAN BLENDED ANAK TUNALARAS DI SD MUHAMMADIYAH 4 KOTA TANGERANG

Arry Patria Surya Azhar, Asep Supena, Totok Bintoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana implementasi pembelajaran anak tunalaras di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Kota Tangerang. Subjek penelitian ini hanya dilakukan kepada guru kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif yang bertujuan untuk mendokumentasikan data, peristiwa, atau fenomena melalui wawancara mendalam dengan narasumber yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang fenomena tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumen. Analisis data dalam penelitian ini mengacu pada metode analisis kualitatif Miles dan Huberman, yang terdiri beberapa tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran untuk anak tunalaras serupa dengan pelaksanaan pembelajaran untuk anak-anak lainnya, namun ada perhatian khusus yang diberikan setelah jam pelajaran berakhir. Perencanaan pembelajaran melibatkan guru kelas, pelaksanaan pembelajaran dilakukan dalam waktu yang khusus untuk anak tunalaras, evaluasi yang sama untuk anak tunalaras sama pula dengan yang digunakan untuk anak-anak lainnya, dan ada program remedial serta waktu tambahan yang diberikan kepada anak tunalaras.

Full Text:

PDF

References


Dinie Ratri Desiningrum. (2008). Psikologi anak berkebutuhan khusus. Depdiknas, 1–149.

Harrison, J. R., Soares, D. A., & Joyce, J. (2019). Inclusion of students with emotional and behavioural disorders in general education settings: a scoping review of research in the US. International Journal of Inclusive Education, 23(12), 1209–1231. https://doi.org/10.1080/13603116.2018.1444107

Hurry, J., Flouri, E., & Sylva, K. (2018). Literacy Difficulties and Emotional and Behavior Disorders: Causes and Consequences. Journal of Education for Students Placed at Risk, 23(3), 259–279. https://doi.org/10.1080/10824669.2018.1482748

Lara, L. C. (2020). Benefits of journal-writing for students in the emotional/behavior disorders classroom. Journal of Poetry Therapy, 33(3), 187–193. https://doi.org/10.1080/08893675.2020.1776971

Saputri, A. A. (2018). Pendidikan Inklusif Bagi Peserta didik Tunalaras. JASSI_anakku22, 19(2), 51–58.

Tiernan, B., McDonagh, D., & Casserly, A. M. (2020). Supporting student with emotional disturbance/behavioural disorder in Irish post-primary schools: replacing care support with teaching provision. Emotional and Behavioural Difficulties, 25(2), 169–182. https://doi.org/10.1080/13632752.2020.1716514

Utami, D. W., Anwar, M., & Hermawan, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Assure Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Ipa Anak Tunalaras Kelas Iv Di Slb E Bhina Putera Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 2(1), 5. https://doi.org/10.26740/inklusi.v2n1.p5-14

Watulingas, K. H., & Cendana, W. (2020). Analisis Praktik Refleksi Guru Dalam Konteks Program Pendidikan Inklusif : Studi Kasus Empat Guru Kelas Inklusif Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 871–878. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.467

Yarfin, L. O., & Suyadi. (2020). Pendidikan Akhlak Pada Anak Tunalaras Di Sekolah Luar Biasa Prayuwana Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 68–85. https://doi.org/10.22236/jpi.v11i1.5036

Yeager, K. H., Morgan, J. J., Brown, M. R., Higgins, K., & Jackson, I. (2020). Transition-related social support of high school students with emotional and behavioral disorders. Preventing School Failure, 64(3), 230–239. https://doi.org/10.1080/1045988X.2020.1732283




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i2.10428

Article Metrics

Abstract - 426 PDF - 252

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i2.10428.g4782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats