PENGALAMAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DI SEKOLAH DASAR: STUDI NARATIF

Arry Patria Surya Azhar, M. Syarif Sumantri, Gumgum Gumelar

Abstract


Penelitian ini mengkaji pengalaman guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis teknologi di sekolah dasar di Indonesia melalui studi naratif. Hasil penelitian menunjukkan guru menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya kesiapan dan dukungan, namun juga melihat peluang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu ditemukan juga bahwa guru guru senang sekali jika mereka dapat menerapkan pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis teknologi. Selain itu ditemukan juga bahwa pembelajaran yang mengunakan media berbasis teknologi dapat menstumulus berpikir kritis siswa yang sesuai dengan keterampilan abad 21. Temuan ini memberikan implikasi penting untuk meningkatkan kesiapan guru, infrastruktur, dan dukungan dalam rangka mewujudkan pembelajaran berbasis teknologi yang efektif dan bertanggung jawab di sekolah dasar di Indonesia

Full Text:

PDF

References


Andriani, T. (2015). SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. Sosial Budaya : Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Komunikasi Sosial Dan Budaya, 1.

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches - John W. Creswell, J. David Creswell - Google Books. In SAGE Publications, Inc.

Farida, E. (2019). Media Pembelajaran Teknologi Digital untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa pada Abad-21. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 3(2), 457–476.

Fitriani*, W., Suwarjo, S., & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 234–242. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19040

Handayanto, S. K., Oktarianto, M. L., Yasa, A. D., Setiyawati, E., & Isbandrianingtyas, N. (2022). PELATIHAN PEMBELAJARAN STEM DI SEKOLAH DASAR UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ABAD 21. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1). https://doi.org/10.32486/dikemas.v6i1.264

Irsyadunas, I., Barat, S. P. S., Mary, T., Maizeli, A., & Lina, R. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMAHAMAN SINTAK MODEL PEMBELAJARAN ABAD 21 BERBASIS MOBILE. Jurnal Riset Fisika Edukasi Dan Sains, 8(1), 46–59. https://doi.org/10.22202/jrfes.2021.v8i1.4845

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Resti Septikasari, R. N. F. (2020). KETERAMPILAN 4C ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Rukiyati &, & Purwastuti, L. A. (2015). MENGENAL FILSAFAT PENDIDIKAN". Universitas Negeri Yogyakarta.

Silvester, S., Sadewo, Y. D., & Sumarni, M. L. (2022). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 947–955. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.910

suwarsiah, suwarsiah, Santoso, H., & Achyani, A. (2021). PERANAN MEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. BIOLOVA, 2(2), 108–113. https://doi.org/10.24127/biolova.v2i2.1107

Wulandari, A. P., Annisa, A., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPS Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 2848–2856. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.933

Yunita, H., & Sholeh, M. (2021). Implementasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( TIK) Sebagai Media Penunjang Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i1.11713

Article Metrics

Abstract - 133 PDF - 155

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i1.11713.g5364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats