PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) SISWA KELAS V SDN PEGADUNGAN 07 JAKARTA BARAT

Boy Dorahman, Yayah Huliatunisa, Khilda Jumhadi Putri, Arry Patriasurya Azhar

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran permainan ular tangga pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dengan fokus materi mengenal organ pernapasan manusia untuk siswa kelas V-B SDN Pegadungan 07 Jakarta Barat, agar minat dan pemahaman siswa terhadap materi meningkat. Menggunakan metode Research and Development (R&D) model Borg and Gall, melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berada dalam kategori baik dan layak digunakan. Validasi ahli materi memperoleh skor 85%, ahli media 79%, dan guru kelas 93%. Uji coba kelompok besar menghasilkan skor rata-rata 4,74. Media ini terdiri atas komponen kartu pertanyaan, kartu kesempatan, kartu hukuman, dan buku panduan. Hasil penelitian menunjukkan media permainan ular tangga efektif meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi organ pernapasan manusia, serta menjadi alternatif sumber belajar menyenangkan, interaktif, serta mendukung pembelajaran aktif di sekolah dasar.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga, IPAS

 

Abstract

The purposes of this study was to develop a snakes and ladders game learning media in the Natural and Social Sciences 9IPAS) subject with a focus on the materila of recognizing human respiratory organs for grade V-B students of SDN pegadungan 07 West jakarta, so that students’ interest and understanding of the Borg and Gall model, through observation, interview, questionnaire, and test data collection techniques. The validation results showed that the developed learning media was in the good category and was suitable for use. The validation of the material expert obtained a score of 85%, media experts 79%, and class teachers 93%. Large group trials produced an average score of 4,74. This media consists of components of question cards, opprotunity cards, punisment cards, and guidebooks. The result showed that the snakes and ladders game media was effective in increasing students’interestand understanding of the material of humanb respiratory organs, as well as being an alternative learning resource that is fun, interactive, and supports active learning in elementary schools.

Keywords: Learning Media, Snakes and Ladders Game, IPAS


Full Text:

PDF

References


Afandi (2015). Pengembagan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Siodarjao, Jurnal JINop, Vol, 1, Nomor 1, hal, 77-89.

Damayanti, W. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Gambar Untuk Mata Pelajaran IPA KelasIV DI SDN Wiru 01 Beringin Kabupaten Semarang. Universitas Negeri Semarang, 67.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Jawa Tengah: Tahta Media Group

Harwini, N., & Khaerudin. (2020). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Motivasi Belajar Materi Hukum Bacaan Nun Sukun dan Tanwin di TPQ Bani Almashhuriyah. Al-Miskawaih, 201

Khadijah, Sani , F., Sari, N., Rohali, A., & Harahap, S. A. (2022). Permainan Ular Tangga Dalam Meningkatkan Kemampuan Perilaku Hormat di RA. Daruk Fazri. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1344

Malik, N., & Karlimah. (2022). Rancangan Media Permainan Ular Tangga Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Penyebut Berbeda di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 240

Pagarra, H. (2022). Media Pembelajaran. Gunungsari: Badan Penerbit UNM.

Prawesti, L. I., Putro, A. S., Pratiwi, M., Wardani, E., Ibrahim, S. M., Saragih, F.K., Fatmawati. (2024). Media Pembelajaran. Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha.

Rasmawati. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Permaianan Ular Tangga pada Pembelajaran Tematik kelas II-D SDN 024 Tarakan. Univeritas Borneo Tarakan, 27.

Syahruddin, M. S. (2023). Media Pembelajaran. Jawa Tengah: EUREKA MEDIA Aksara.

Shoffa, S., Subroto, D. E., Nasution, F. S., Astuti, W., Romadi, U., Cholid, F., Gusmirawati. (2023). Media Pembelajaran. Sumatera Barat: CV. Afasa Pustaka.

Stevani, F., Fradani, A. C., & Lazim, A. (2023). Permaianan Ular Tangga Modifikasi Sebagai Media Pembelajaran Alternatif untuk Siswa SDN Gondang 3 Bojonegoro. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 236.

Sunarti et al. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Sains untuk Mendukung Pemahaman Konsep Belajar IPA di Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 12. No. 1 Januari 2020- Hal. 76-80.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v7i1.14626

Article Metrics

Abstract - 92 PDF - 11

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v7i1.14626.g6466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats