ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH

Yayah Huliatunisa, Elang Wibisana, Lensi Hariyani

Abstract


Penelitian ini untuk menganalisis tingkat kemampuan berfikir kreatif matematis siswa dalam pemecahan masalah soal cerita materi operasi hitung pecahan, menggunakan 5 penjenjangan tingkat berfikir kreatif teori Siswono ; 4/sangat kreatif, 3/kreatif, 2/cukup kreatif, 1/kurang kreatif dan 0/tidak kreatif, dengan indikator berfikir kreatifnya ; lancar/fluency, luwes/flexibility, orisinil/originaly, terperinci/elaborator. Kurangnya motivasi belajar siswa berdampak rendah dan menghambat berkembangnya kemampuan berfikir kreatif, siswa cenderung pasif, tidak ingin bertanya dalam proses pembelajaran bahkan malas untuk menyelesaikan masalah secara mandiri. Solusi 1) guru hendaknya mampu menganalisis faktor penyebabnya, 2) tanamkan kepada siswa sifat untuk mampu memotivasi dirinya sendiri melalui pemberian latihan soal untuk bertujuan menggali kemampuan yang mungkin belum muncul. Kesimpulan; tingkat kreatifitas paling tinggi adalah kreatifitas tingkat 3/kreatif dengan mampu menunjukkan kefasihan, kebaruan/kefasihan dan fleksibilitas, siswa berkemampuan sedang mencapai kreatifitas tingkat 2/cukup kreatif dengan mampu menunjukkan kebaruan/fleksibilitas, sedangkan siswa berkemampuan rendah/kurang mencapai kreatifitas tingkat 1/kurang kreatif yang hanya mampu menggunakan kefasihan saja.

Kata kunci : Kreatifitas, Berfikir kreatif matematis, Menyelesaikan soal.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2015). Revitalisasi Penilaian Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Hartono, Yusuf. (2014). Matematika Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu

Heruman. (2017). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Indarwati, Desi, dkk. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan, 17-27.

Mairing, Pasini Jackson. (2018). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: Alfabeta.

Moma, La. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis untuk Siswa SMP. Delta-Pi:Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika , 27-41.

Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhsetyo, Gatot. (2010). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Munandar, Utami. (2017). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.

Nanan, S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noer, Hastuti Sri. (2010). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Apa, Mengapa, dan Bagaimana?

Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA , 521-526.

Ramadhani, Dini dan Nuryanis. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SD Dalam Menyelesaikan Open-Ended Problem. Jurnal JPSD , 55-62.

Sakti, Indra. (2011). Korelasi Pengetahuan Alat Praktikum Fisika dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa di SMA Negeri q Kota Bengkulu. Jurnal Exacta , 67-76.

Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Media.

Siswono, Tatag Yuli Eko. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Sun, Kheng Peng. (2011). Menikmati Belajar Secara Kreatif. Yogyakarta: Samudra Biru.

Suryadi, Didi. (2012). Membangun Budaya Baru dalam Berpikir Matematika. Bandung: Rizqi Press.

Tasrial, dan Daryanto. (2012). Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media.

Wahyudi, D. (2012). Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Widya Sari Press.

Wena, Made. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarni, Setyo, S. H. (2017). Matematika Untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2567

Article Metrics

Abstract - 7253 PDF - 6030

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2567.g1684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats