PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SUGGESTOPEDIA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR INDUKTIF IPA KELAS IV SDN KARANG TENGAH 12 KOTA TANGERANG

Intan Pandini, Een Unaenah, Imam Muttaqijn

Abstract


enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap keterampilan berfikir induktif siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengertahuan Alam (IPA) materi gaya, antara siswa yang diberikan Model Pembelajaran Suggestopediadengan siswa yang diberi pengajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Karang Tengah 12 yang berjumlah 112 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas sebanyak 56 siswa yaitu kelas IVB yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan IVA yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen soal tes keterampilan berfikir induktif berbentuk essay yang terdiri dari 10 soal yang telah valid. Untuk pengujian hipotesis pretes dalam penelitian ini digunakan uji t, dari hasil uji t tersebut diperoleh diperoleh thitung= -0,2 <ttabel = 2,00, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara rata-rata nilai pretes kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sedangkan untuk pengujian hipotesis postes dari hasil uji t diperoleh thitung = 7,55>ttabel = 2,00, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara rata-rata nilai postes kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini dapat diartikan bahwa keterampilan menyimak dengan menggunakan model pembelajaranSuggestopedia lebih tinggi dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional.

Kata Kunci : Model Pembelajan Suggestopedia, Keterampilan Berpikir Induktif, Metode Quasi Eksperimen


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2010). Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Joyce, Bruce dkk. (2009). Models Of Teaching Model-Model Pengajaran. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Jihad, Asep dkk. (2013). Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta: Multi Pressindo.

Riadi, Edi. (2014). Metode Statistika Parametrik & Nonparametrik. Tangerang: PT.Pustaka Mandiri.

Rusyana, Adun. (2014). Keterampilan Berfikir. Yogyakarta: Ombak.

Sudjana, Nana. (2015). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta

Sudjana.(2005). Metode Stastika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sumantri, Mohamad Syarif.(2015). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Samatowa, Usman. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Sulistyanto, Heri. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Taringan, Henry Guntur. (2009). Metodologi Pengajaran Bahasa2. Bandung: Angkasa.

Trianto.(2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarni, Endang Setyo. (2015). Matematika Untuk PGSD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2570

Article Metrics

Abstract - 873 PDF - 512

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2570.g1682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats