PENGEMBANGAN MEDIA QUIET BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DIKELAS IV SEKOLAH DASAR

Elas Sulastri, M. Taufik, Zerri Rahman Hakim

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berawal dari kurangnya keantusiasan siswa dalam proses pembelajaran siswa merasa cepat bosan sehingga siswa meminta bermain pada saat pembelajaran berlangsung sedangkan materi yang belum tersampaikan masih banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaiman kelayakan media Quiet Book sebagai media pada pembelajaran tematik dikelas IV B dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa setelah menggunakan media pemebelajaran Quiet Book pada pembelajaran tematik dikelas IV B. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Karundang 2 dengan subjek penelitian di kelas IV B dengan 20 siswa pada uji angket respon siswa. Hasil uji validasi oleh para ahli terhadap kualitas media Quiet Book yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak dengan presentase sebesar 85,4%. Hasil uji angket respon siswa terhadap media Quiet Book mendapatkan kriteria sangat setuju dengan persentase sebesar 95%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Quiet Book pada pembelajaran tematik dapat dikatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran tematik. Kata Kunci: Media Quiet Book, Pembelajaran tematik.

Abstract

This research starts from the lack of enthusiasm of students in the learning process students feel bored quickly so students ask to play while learning takes place while the material that has not been delivered is still a lot. This study aims to find out how the feasibility of Quiet Book media as a media in thematic learning in class IV B and to find out how students respond after using Quiet Book learning media in thematic learning in class IV B. This research was conducted at Karundang 2 Elementary School with research subjects in class IV B with 20 students on the student response questionnaire test. The results of the validation test by the experts on the quality of the developed Quiet Book media are included in the very feasible criteria with a percentage of 85.4%. The results of the questionnaire test students' responses to the media Quiet Book get criteria strongly agree with a percentage of 95%. Based on the results of the study it can be concluded that the Quiet Book media on thematic learning can be said to be very feasible to use in thematic learning. Keywords: Quiet Book Media, Thematic Learning


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Isnaeni.Nurul. 2018. Kemampuan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Quiet

Book Pada Kelompok A RA Masyithoh Kalibening Salatiga. Skiprsi

Sarjana. Salatiga. Instritut Agama Islam Negeri.

Jauhar, Sitti. 2018. Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Pendekatan SAINS

Teknologi Mayarakat (STM) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di

Sekolah Dasar. Vol, 2. No, 2. http://doi.org/10.26858/jkp.v2i2.6946.27. 27

April 2020.

Masganti. 2012. Perkembangan Peserta Didik. PERDANA PUBLISING. Medan.

Muhammad Kaulan Karim, 2009. Masalah Pembelajaran IPS dan Strategi Jitu

Pemecahannya. Vol,11.No,1. http://repository.unisu.ac.id/id/eprint/5718. 27

April 2020

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan RnD. Bandung.

ALVABETA, cv.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. ALVABETA. Cv.

Samik Nuroh Ramadhan. 2018. Media Quiet Book dalam Meningkatkan

Keterampilan Memakai Baju Berkancing Bagi Anak Tunagrahita. Vol. 4.

No. 1.

Mei Fita Asri Utari. 2018. Pengembangan Media Quiet Book untuk Pembelajaran

Tematik Keluargaku Di Sekolah Dasar Kelas 1. Vol 3. No. 4.

http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i3.196. 24 juni 2020.

Della Ulfa Amaris. 2018. Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan

Berhitung Anak Usia Dini Di Taman Kanak-kanak Fadhilah Amal 3

Padang. Vol.4. No. 2. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21233. 24 Juni

Akbar Sa’ud. 2015. Pembelajaran Tematik. Malang. IKIP MALANG




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2928

Article Metrics

Abstract - 879 PDF - 979

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2928.g1792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats