PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO SMART GEOMETRYBERBASIS EKSPEDISI BUDAYA BANTENPADA SISWA KELAS V A DI SDN COGREG 1 TANGERANG BANTEN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tidak tersedianya media pembelajaran di kelas V A SDN Cogreg 1 ya ng menunjang materi bangun ruang kubus dan balok, sehingga siswa tidak mengerti isi m a teri, m embuat siswa jenuh dan masih banyak siswa yang mendapat nilai rendah. Maka dari itu, penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media yang dikembangkan. Subjek penelitian terdiri da ri 12 orang siswa . Alur penelitian yang digunakan sebanyak 6 tahap dengan menggunakan alur modifikasi R&D Sugiyono ( 2014:298) yakni Need Assessment, pengumpulan data, desain, validitas atau uji ahli, revisi dan uji coba produk. Hasil uji ahli materi mendapatkan nilai 83,84 % dengan kategori “Sangat layak”, uji ahli media mendapatkan nilai 89,05 % dengan kategori “Sangat layak” kemudian respon siswa mengenai penggunaan media ini mendapatkan nila i 95,55% dengan kategori “Sangat baik”. Peneliti menyarankan untuk penelitian selanjutnya lebih banyak memuat materi matematika dan dikembangkan menyesuaikan dengan perkembangan IPTEK yang a da seperti berbasis software. Kata kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Kubus dan Balok
ABSTRACT This research is motivated by the unavailability of instructional media in class V A SDN Cogreg 1 which supports building materials for cubes and blocks, so students do not understand the contents of the material, make students bored and there are still many students who get low grades. Therefore, the research aims to determine the feasibility of the developed media. The research subjects consisted of 12 students. The research flow used as many as 6 stages using Sugiyono's R&D modification (2014: 298) namely Need Assessment, data collection, design, validity or expert testing, product revision and trial. Material expert test results get a value of 83.84% with the category "Very feasible", the test of media experts get a value of 89.05% with the category "Very feasible" then student responses regarding the use of this media get a value of 95.55% with the category "Very good ". The researcher suggests that for further research to load more mathematical material and be developed in accordance with the development of existing science and technology such as software-based. Keywords: Development of Learning Media, Cubes and Beams
Full Text:
PDFReferences
Afrianti, S., Daulay, M. I., & Asilestari, P. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak
dengan Permainan Ludo. Aulad: Journal on Early Childhood, 1(1), 52-59.
Aisyah, N. (2007). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.
Alliyah, N. (2018). Buku Panduan Penggunaan Media Pembelajaran LUSEMPAT (Ludo
Segitiga Empat). Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Angriani, A. D., Nursalam, N., Fuadah, N., & Baharuddin, B. (2018). Pengembangan
Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Siswa. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 211-223.
Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Heruman. (2013). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Aini, I. N., & Hidayati, N. (2017). Tahap perkembangan kognitif matematika siswa SMP
kelas VII berdasarkan teori Piaget ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. JPPM (Jurnal
Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2).
Ilahi, D. N. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DORI (LUDO
GEOMETRI) MELALUI PERMAINAN EKSPEDISI INDONESIA PADA KELAS IV
SEKOLAH DASAR (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Jawati, R. (2013). Peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan ludo geometri di
paud habibul ummi ii. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 250-
Lestari, H., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Lembar Kerja
Siswa Eksploratif Berkonteks Budaya Banten pada Mata Pelajaran Matematika di
Sekolah Dasar. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika
dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 48-59.
Lestari, S. I., Budiyono, B., & Slamet, I. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran
Problem Based Learning (Pbl), Discovery Learning (Dl), Dan Problem Possing (Pp)
Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok SMP Negeri
Kabupaten Demak. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(8).
Lupita, M. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Matematika dengan Materi
Pecahan Pada Kelas IV SD. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Nur, A. S., & Rahman, A. (2013). Pemecahan Masalah Matematika Sebagai Sarana
Mengembangkan Penalaran Formal Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal
Sainsmat, II(I), 84–92.
Pohan, A. B., & Jaelani, N. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif
Pelajaran Matematika Mengenal Bangun Ruang Dengan Metode Inkuiri Untuk Siswa
Tingkat Dasar. Khatulistiwa, VI(1), 1–10.
Rahimah, N. (2017). Keterampilan dasar geometri siswa kelas V dalam menyelesaikan soal
bangun datar berdasarkan kemampuan matematika di MI Al Istiqomah
Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 55-63.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R
& D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika (Untuk Guru, Calon Guru,
Orangtua, dan Para Pecinta Matematika). Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Syaodih, N. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan
Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2929
Article Metrics
Abstract - 1104 PDF - 1892DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2929.g1793
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019
View My Stats