PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN PONDOK PUCUNG 01 KOTA TANGERANG SELATAN
Abstract
ABSTRAK
Hasil penelitian menunjukan bahwa produk LKS IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya menggunakan pendekatan kontekstual dengan lima tahapan yaitu, mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Dari hasil Analisis validasi LKS oleh ahli materi dan media menunjukan bahwa kualitas LKS sangat baik dengan rata-rata 3,29. Sedangkan analisis validasi kepraktisan LKS oleh ahli pendidikan dan siswa menunjukan bahwa kualitas LKS baik dengan rata-rata 3,79. Terdapat perbedaan signifikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV sebelum menggunakan LKS dan sesudah menggunakan LKS. Dapat dilihat peningkatan hasil Pretest dan Postest. hasil Pretest menunjukan bahwa nilai ratarata pelajaran IPA 9, sedangkan hasil Postest menunjukan bahwa nilai rata-rata pelajaran IPA 9,3. Hal ini menunjukan bahwa nilai Postest lebih bagus dari pada nilai Pretest maka LKS yang dikembangkan pada penelitian ini dapat dikatakan efektif. Kata Kunci : LKS Kontekstual, IPA, ADDIE.
ABSTRACT
The results of the study showed that the product of the Natural Sciences LKS classifying animals based on the type of food using a contextual approach with five stages, namely, observing, asking, gathering information, reasoning, and communicating. From the results of the validation analysis of the worksheets by material and media, experts showed that the quality of worksheets was very good with an average of 3.29. While the validation analysis of the practicality of student worksheets by educational experts and students shows that the quality of worksheets is good with an average of 3.79. There is a significant difference in the increase in science learning outcomes of fourth-grade students before using LKS and after using LKS. Can be seen an increase in Pretest and Posttest results. Pretest results show that the average value of science lessons 9, while the posttest results show that the average value of science lessons 9,3. This shows that the posttest score is better than the pretest value so the worksheet developed in this study can be said to be effective. Keywords: Contextual LKS, Natural Sciences, ADDIE.
Full Text:
PDFReferences
Andi, P. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode
Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta : Diva Press
Ahmad, S. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia
Group
Abdul, M. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : Pt Remaja Rosdakarya
Asih, W, dkk. 2017. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta : Pt Bumi Aksara
Donni, P. 2017. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung : Cv Pustaka Setia
Dwi, C. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media
Dek, N. 2013. Pembelajaran Kontekstual Berbantuan LKS dalam Upaya Meningkatkan
Pemahaman Konsep IPA dan Aktivitas Belajar. NTT : Stkip Citra Bakti
Encep, A, dkk. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keaktifan Lokal
Pada Mata Pelajaran IPA. Serang : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Gusti, R, dkk. 2013. Pengembangan Modul IPA dengan Pendekatan Kontekstual untuk Kelas
V Sd Negri 2 Semarapura Tengah. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Cv Pustaka Setia
Kokom, K. 2017. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung : Pt Refika
Aditama
Martinis, Y. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta : Gp Press Group
Made, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta : Graha Ilmu
Trianto. 2017. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Pt Bumi Aksara
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Usman, S. 2018. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : Pt Indeks
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2931
Article Metrics
Abstract - 1121 PDF - 1468DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2931.g1795
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019
View My Stats