ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS V SD

Hasri Lebu, Dessy Wardiah, Miftha Indasari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek-aspek kemampuan menulis pantun siswa kelas V SD. Metode yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif kualitatif.Sumber data dalam penelitian ini adalah jawaban tes perbuatan pantun karya siswa kelas V SD. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas data dan realibilitas data. Analisis data diperoleh dari aspek-aspek kemampuan menulis pantun siswa kelas V SD yang menunjukkan bahwa (1)8 siwa yang mendapatkan kategori penilaian sangat baik dengan hasil persentase 30,76%, (2) 6 siswa yang mendapatkan kategori penilaian baik dengan hasil persentase 23,07%, (3) 2 siswa yang mendapatkan kategori penilaian cukup dengan hasil persentase 07,69%, (4) 6 siswa yang mendapatkan kategori penilaian kurang dengan hasil persentase 23,07%, dan (5) 4 siswa yang mendapatkan kategori penilaian gagal dengan hasil persentase 15,38%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa rata-rata nilai siswa dalam menulis pantun yaitu 70 dengan kategori baik. Kata kunci : analisis, menulis pantun

Abstract

This study aims to describe aspects of the ability to write rhymes for fifth-grade elementary school students. The method used by researchers is a qualitative descriptive method. The source of the data in this study is the answer to the act of rhyme test by the fifth-grade elementary school students. Data analysis techniques used are data validity and data reliability. Data analysis was obtained from aspects of the ability to write rhymes for fifth-grade elementary school students which showed that (1) 8 students who received very good assessment categories with the percentage results of 30.76%, (2) 6 students who got good assessment categories with percentage results of 23, 07%, (3) 2 students who get enough assessment categories with percentage results 07.69%, (4) 6 students who get less assessment categories with percentage results of 23.07%, and (5) 4 students who get assessment categories failed with a percentage of 15.38%. The conclusion from this study that the average value of students in writing rhymes is 70 with a good category. Keywords: analysis, poetry writing


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2005). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.19 Tahun 2005 Tentang Standar

Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang

Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Gafar, Abdoel. (2014). Kemampuan Menulis Pantun dengan Model Pembelajaran Quantum

Teaching Pada Siswa Kelas VII.C SMP Negeri 16 Kota Jambi Tahun Ajaran 2014/2015.

Vol.4 No.2 Desember 2014.

Multafifin. (2015). Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP Negeri 52 Konawe

Selatan. Jurnal Hamanika No.15, Vol.3, Desember 2015

Purwati, Dewi. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun dengan Menggunakan Model

Berpikir Berbicara Menulis (Think Talk Write).Jurnal Diksatrasia Volume 1, Nomor 2,

Agustus 2017.

Romadlon, Muhammad Rizqi. dkk. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan

Model Snowball Throwing dan Media Pohon Kata Pada Siswa Kelas VII E Negeri 16

Surakatra. Volume 1, Nomor 1, Agustus 2016

Sardila, Vera. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis

Biografi dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif

Mahasiswa.Jurnal Pemikiran Islam, Vol.40, No.2 Juli-Agustus 2015.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: ALFABETA.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2934

Article Metrics

Abstract - 1983 PDF - 2955

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2934.g1798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats