PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI FAKTOR MUNCULNYA RASA KEBANGSAAN DI INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD SEMESTER GENAP DI SDN RAWAMANGUN 01 PAGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa menggunakan penerapan pendekatan saintifik dalam materi faktor munculnya rasa kebangsaan di Indonesia pada siswa kelas V SDN Rawamangun 01 Pagi Jakarta Timur semester genap tahun pelajaran 2019/2020.Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar IPS yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes IPS pada setiap siklus meningkat yaitu pada siklus I siswa yang mencapai KKM (72) sebanyak 17 siswa (60,71%), pada siklus II meningkat menjadi sebanyak 23 siswa (82,14%). Untuk persentase nilai aktivitas guru pada siklus I sebesar 76,67% dan pada siklus II sebesar 86,67%, serta hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar IPS melalui penerapan pendekatan saintifikdapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Rawamangun 01 Pagi Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur.
Kata kunci : Pendekatan Saintifik, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar IPS
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3898
Article Metrics
Abstract - 329 PDF - 322DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3898.g2099
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019
View My Stats