ANALISIS KEBIJAKAN SERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU

Muhammad Dzikry Alfath, Yayah Huliatunisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja guru yang bersertifikasi pendidik di Sekolah Dasar Negeri Dukuh V Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu mengkaji dan menganalisis data secara objektif sesuai dengan data yang ditemukan dilapangan. Kemudian data yang terkumpul dari hasil penelitian di deskripsikan dalam bentuk kata-kata. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen daftar pertanyaan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa kebijakan sertifikasi ini sangat efektif dalam peningkatan mutu pendidikan. Dengan adanya kebijakan sertifikasi, kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Dukuh V Kabupaten Tangerang sudah cukup baik.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ramayulis. (2016). Profesi Dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.

Rosnaningsih, A. (2017). Perencanaan Pembelajaran. Tangerang: Pupa Media.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Suharsaputra, U. (2013). Administrasi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Suprihatiningrum, J. (2017). Guru ProfesionalPedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yamin, M. (2013). Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Ciputat: GP Press Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3900

Article Metrics

Abstract - 3444 PDF - 3594

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3900.g2261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats