IMPLEMENTASI TEKNIK POSSE DALAM PENGAJARAN PEMAHAMAN BACAAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO

Musfirah Musfirah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik posse (Predicting, Arranging, Seaching, Summarizing, and Evaluation) ini efeketif atau tidak dalam pengajaran pemahaman bacaan pada Prodi PGSD Universitas Cokroaminoto Palopo. Metode penelitian ini yaitu pre experimental yang terdiri dari tiga tahapan, yakni: pre test, treatment dan post test dengan mengambil sampel sebanyak 20 orang mahamahasiswa pada program studi  pendidikan bahasa inggris semester 2 menggunakan metode purposive sampling. Adapun instrument yang digunakan yakni berupa tes. Mahasiswa diberikan lembar kerja yang berisi bacaan da beberapa pertanyaan terkait dengan bacaan tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik posse (predicting, arranging, searching, summarizing, and evaluation) efektif dalam mengajar dan meningkatkan pemahaman membaca mahasiswa pada cerita pendek. Pada pre test ditemukan pemahaman membaca mahasiswa nilai rata-rata 49,75. Sedangkan pemahaman membaca mahasiswa pada post test dengan nilai rata-rata 76,45 Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman membaca mahasiswa lebih baik setelah dilakukan penerapan teknik posse ini


Full Text:

PDF

References


Alyousef. (2015). Motivating Reading Comprehension: Concept-Oriented Reading Instruction, New York: Routledge.

Bergerson (2011). Scripls, Plans,Goals, and understanding: An Inquiry into Human Knowledge structures. Hillsdale, NJ: Lawrence Eribaum Associates.

Bernhardt. (2015). Reading Development in aSecond Language: Theoretical, Empirical, and Classroom Perspectives. Norwood, NJ: Ablex.

Boyle dan Scanlon. (2010). Methods and Strategies for Teaching Studentswith Mild Diasabilities: A Case-Based Approach. Belmont: Wadsworth Cengage Learning.

Herron. (2011). Teaching Second LanguageReading. Oxford, England: Oxford University Press.

Klingner. (2010). From Reader toReading Teacher: Issues and Technique for SecondLanguage Classrooms. Cambridge, England: Cambridge University Pres.

Reardon. (2010). A Short Course in Teaching Reading: PracticalTechnique for Building Reading Power. Newyork: Pearson Longman.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.4586

Article Metrics

Abstract - 222 PDF - 257

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v2i2.4586.g2609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats