PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menciptakan produk media pembelajaran berupa komik tematik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model Brog & Gall. Namun peneliti melakukan modifikasi dari model tersebut menjadi tujuh langkah penelitian, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) mengumpulkan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk. Subjek uji pelaksanaan sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa media pembelajaran komik tematik memperoleh presentase validasi ahli materi sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Sedangkan untuk validasi ahli media sebesar 88% dan validasi ahli Bahasa 100%. Selanjutnya terdapat hasil uji coba produk. pada uji coba produk dilakukan dengan skala besar. hasilnya nilai rata-rata sebelum diterapkan media komik tematik (pre-test) diperoleh sebesar 63.33%. sedangkan untuk nilai rata-rata setelah diterapkan media komik (post-test) diperoleh sebesar 86.16%. dengan diperoleh nilai signifikansi = 0,000 < 0.05 maka terdapat perbedaan tingkat motivasi belajar siswa dengan diterapkannya media komik tematik. Sehingga media komik tematik layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Komik, Motivasi Belajar.
Abstract
This research was conducted with the aim of creating learning media products in the form of thematic comics to increase the motivation of students in grade IV elementary school. This research and development was conducted using Brog & Gall model. However, the researchers modified the model into seven research steps, namely (1) potential and problems, (2) collecting information, (3) product design, (4) design validation, (5) design revision, (6) product trial, (7) product revision. Test subjects of 30 students. The results of this study stated that the thematic comic learning media obtained a percentage of material expert validation by 90% with a very decent category. As for media expert validation by 88% and 100% linguist validation. Next there are the test results of the product. product trials are conducted on a large scale. the result of the average value before applying thematic comic media (pre-test) obtained by 63.33%. while for the average value after applied comic media (post-test) obtained by 86.16%. with a significance value = 0.000 < 0.05, there is a difference in students' learning motivation level with the application of thematic comic media. So the thematic comic media deserves to be used as a learning medium in elementary school.
Keywords: Learning Media, Comics, Learning Motivation.Full Text:
PDFReferences
Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Ips. Journal of EST, 2(3), 81–90.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.
Astiarini, W. (2016). Pengembangan Model Penanaman Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Cerita Melalui Komik Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 176. https://doi.org/10.21009/JPD.071.15
Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295
Calafato, R., & Gudim, F. (2021). Comics as a multimodal resource and students’ willingness to communicate in Russian. Journal of Graphic Novels and Comics, 00(00), 1–17. https://doi.org/10.1080/21504857.2021.1951788
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogjakarta: Gava Media.
Indaryati, J. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasi, 3(1), 84–96. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067
Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan Media Komik IPA Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah Developing Science Comic Media Using the Problem-Based Learning Model to Increase the Analytical Thinking Ability and Scientific Attitude. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 2(2), 145–155. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4527
Nurgiantoro, B. (2018). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogjakarta: Gadjah Mada University Press.
Ramadhani, E. D. (2019). Pengembangan Komik Matematika Berbasis Rme (Realistic Mathematics Education) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Keliling Dan Luas Segitiga Siswa Smp Kelas Vii. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 22. https://doi.org/10.33474/jpm.v3i1.2609
Ritonga, R., Zulela MS, & Situmorang, R. (2018). Jurnal basicedu. 2(2).
Sanjaya, W. (2016). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman. (2018). Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sihombing, L. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Keliling. 2(1), 84–90. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1095
Sudjana, N., & Rivai, A. (2019). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Pertama). Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v3i1.4941
Article Metrics
Abstract - 425 PDF - 304DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v3i1.4941.g2888
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019
View My Stats