PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN 104250 PERK. RAMUNIA

arini sasmita arini

Abstract


Abstrak Penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil tulisan puisi siswa kelas V sebelum dilaksanakan dan sesudah di-lakukan penelitian serta penilaian aktivitas guru dalam pembelajaran menulis puisi menggunakan model picture and picture dengan media gambar. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data meliputi observasi/pengamatan, wawancara, kajian dokumen dan tes. Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, hasil pengamatan aktivitas siswa pertemuan 1 diperoleh skor 14,73 dengan kategori cukup dan tingkat keberhasilan 46,03%. Indikator aktif dalam mengurutkan gambar acak mendapat skor tinggi yaitu 92 dan indikator memberi tanggapan hasil karangan narasi teman mendapat skor terendah yaitu 49. Berdasarkan data tersebut, diketahui bahwa jumlah skor yang diperoleh adalah 548 dengan rata-rata 13,36 dengan kategori baik. Tingkat keberhasilan meningkat dibanding dengan pertemuan 1, yaitu menjadi 66,82%. Kata kunci : Keterampilan Menulis Puisi, Pembelajaran Picture And Picture , Media Gambar Abstract. This research is in the form of quantitative data and qualitative data. Quantitative data in the form of poetry writing by fifth grade students before and after the research and assessment of teacher activities in learning to write poetry using picture and picture models with image media. The techniques used for data collection include observation/observation, interviews, document review and tests. The results of observations made by researchers, the results of observing student activities in the first meeting obtained a score of 14.73 with a sufficient category and a success rate of 46.03%. The active indicator in sorting random pictures got a high score of 92 and the indicator for responding to a friend's narrative essay got the lowest score of 49. Based on these data, it is known that the total score obtained is 548 with an average of 13.36 in the good category. The success rate increased compared to meeting 1, which was 66.82%. Keywords: Poetry Writing Skills, Picture And Picture Learning, Picture Media

Full Text:

PDF

References


Alfiah, dkk. 2009. Pengajaran Puisi. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Aminuddin. 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung:Sinar BaruAlgesindo.

Anni, Catharina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang:UPT MKK UNNES.Aqib, Zainal. 2006.

Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:Yrama Widya.

Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta:Raja Grafindo Persada.Depdiknas. 2004. Kamus

Besar Bahasa Indonesia. Jakarta.

………….. 2003. Kurikulum 2004 Sekolah Dasar Mata Pelajaran BahasaIndonesia.

Edyanda N. 2009. Kumpulan Puisi-Puisi. Jakarta:UBA Press

Esten, Mursal. 2000. KesusasteraanPengantar Teori dan Sejarah.

Bandung:Angkasa.

Hairuddin. 2007. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta:Direktorat JendralPendidikan TinggiDepdiknas

Jalil, Dianie Abdul. 1985. Teori dan Periodisasi Puisi Indonesia.

Bandung:Angkasa.

Pradopo, Rachmad Djoko. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta:Gadjah MadaUniversity Press.

Rahayu, Minto. 2007. Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jakarta:Grasindo.

Santosa, Puji.dkk. 2007. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta:UT.

Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta:Grasindo.

Sudjana, Nana, dan Ahmad Rivai. 2009. Media Pengajaran. Bandung:Sinar Baru Algesindo.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tarigan, Djago.dkk. 2003. Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Jakarta:UT.

Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Puisi. Jakarta:Gramedia Pustaka Umum.……………….. 2003.

Apresiasi Puisi Panduan Untuk Pelajar dan Mahasiswa.Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Waluyo, Puji.dkk. 2007. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD.Jakarta:UT.

Wardhani, IGAK.dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:UT.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v3i1.5622

Article Metrics

Abstract - 356 PDF - 514

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v3i1.5622.g2893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats