PENYELENGGARAAN KEBIJAKAN DAN INOVASI KURIKULUM DI SDN 002 KARIMUN, KEPULAUAN RIAU

Juni Artha Juneli

Abstract


Fokus pembahasan tulisan ini adalah penyelenggaraan kebijakan dan inovasi kurikulum di sekolah dasar mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penyelenggaraan kebijakan dan inovasi kurikulum di SDN 002 Karimun, Kepulauan Riau. Jenis penelitian pada tulisan ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus menggunakan teknik wawancara dan observasi untuk mendapatkan data yang akurat. Tulisan ini secara khusus membahas mengenai penyelenggaraan kebijakan dan inovasi kurikulum di SDN 002 Karimun, Kepulauan Riau. Setelah melakukan penelitian, temuan yang diperoleh sebagai berikut, (1)Penyelenggaraan kebijakan dan inovasi kurikulum berbasis kompetensi dan kurikulum 2013 di SDN 002 Karimun, Kepulauan Riau sudah berjalan secara baik sesuai dengan komponen pendukung yang berada di dalamnya. (2)Penyelenggaraan kebijakan dan inovasi kurikulum berbasis masyarakat dan kurikulum berbasis keterpaduan di SDN 002 Karimun, Kepulauan Riau memerlukan perhatian khusus baik itu dari pemerintah pusat, pihak sekolah, maupun guru dalam penyebarluasan informasi secara merata dan terarah. Kata kunci : Kurikulum berbasis kompetensi, kurikulum berbasis masyarakat, kurikulum berbasis   keterpaduan, kurikulum 2013   Abstract The focus of the discussion of this paper is the implementation of policies and curriculum innovations in elementary schools starting from the planning, implementation, to evaluation processes. The purpose of this study was to determine the process of implementing policy and curriculum innovation at SDN 002 Karimun, Riau Islands. The type of research in this paper is a qualitative approach with a case study method using interview and observation techniques to obtain accurate data. This paper specifically discusses the implementation of policy and curriculum innovation at SDN 002 Karimun, Riau Islands. After conducting research, the findings obtained are as follows, (1) The implementation of competency-based curriculum and curriculum innovation and curriculum 2013 at SDN 002 Karimun, Riau Islands has been running well in accordance with the supporting components in it. (2) The implementation of community-based curriculum and curriculum innovation and integration-based curriculum at SDN 002 Karimun, Riau Islands requires special attention from the central government, schools, and teachers in disseminating information evenly and directed.   Keywords: competency-based curriculum, community-based curriculum, integration-based curriculum, 2013 curriculum  

Full Text:

PDF

References


BIBLIOGRAPHY Ambro. (2014). Implementasi Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Retrieved from https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/ambroisia /implementasi-modelmodel-pembelajaran-kurikulum2013_54f682f4a333116a7d8b 4e6a

Amriani. (2013). Inovasi Kurikulum Berbasis Keterpaduan. Retrieved from http://amrianihamzah.blogspot.com/2013/03/inovasi-kurikulum-berbasis-keterpaduan.html?m=1

Anarisa. (2020). Kurikulum Berbasis Kompetensi (Konsep dan Implementasi). Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 25-34.

Delors, J. (1996). Leducation, un tresor est cache dedans.

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mayangsari. (2015). Kurikulum Berbasis Keterpaduan. Retrieved from https://mayasari9595.blogspot.com/2015/11/kurikulum-berbasis-keterpaduan.html?m=1

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pendidikan, E. (t.t). Retrieved from Kurikulum Berbasis Kompetensi: Kurikulum 2004: https://eurekapendidikan.com/berbasis-kompetensi-kurikulum-2004

Prof. Dr. S. Nasution, M. (2010). Kurikulum dan Pengajaran . Bandung: Bumi Aksara.

Saryono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Alffabeta.

Sa'ud, U. S. (2014). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

SekolahImpian. (2010, 11 15). Retrieved from Inovasi Kurikulum Berbasis Masyarakat: http://dreamschool26.blogspot.com/2010/11/inovasi-kurikulum-berbasis-masyarakat.html?m=1

StudiIlmu. (t.t). Retrieved from Pengertian Inovasi, Manfaat Inovasi, Tujuan Inovasi dan 5 Mitos Inovasi: https://www.studilmu.com/blogs/details/pengertian-inovasi-manfaat-inovasi-tujuaninovasi-dan-5-mitos-inovasi

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uce, L. (2016). Realitas Aktual Praksis Kurikulum : Analisis terhadap KBK, KTSP, dan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmial DIDAKTIKA, 216-229.

Wikipedia. (t.t). Kebijakan. Retrieved from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Kebijakan

Yani, A. (2014). Mindset Kurikulum 2013. Bandung: Alfabeta.

Zaini, H. (t.t). Karakteristik Kurikulumm 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jurnal Idarah, 1(1), 15-23.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v4i1.5694

Article Metrics

Abstract - 739 PDF - 575

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v4i1.5694.g3334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats