KURIKULM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan dampak pandemi Covid-19 terhadap proses pembelajaran dan pelaksanaan kurikulum 13. Penelitian ini menggunakan metode Descriptive Content Analysis Study dan studi literatur yang merupakan sebuah analisis yang bertujuan untuk mendeskripsikan konten pokok berdasarkan kumpulan informasi yang diperoleh Informasi yang dimaksud bersumber dari berbagai artikel ilmiah yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Artikel ilmiah yang dimaksud adalah artikel yang didapat dari jurnal Nasional serta jurnal Internasional bereputasi terindeks Scopus. Data dan informasi yang telah diperoleh, selanjutnya dikumpulkan, dianalisis, dan disimpulkan sehingga mendapatkan rekomendasi sebagai studi literatur. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat beberapa rekomendasi sebagai studi literatur. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat beberapa problematika yang dialami oleh peserta didik, guru, serta orang tua dalam kegiatan belajar mengajar online seperti penguasaan teknologi masih kurang, adanya penambahan biaya kuota internet, adanya pekerjaan tambahan untuk orang tua dalam mendampingi anak-anaknya belajar, komunikasi dan sosialisasi antar siswa yang menurun, guru dan orang tua menjadi kurang interaksinya dan Jam kerja yang menjadi tidak terbatas bagi guru karena harus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan orang tua, guru dengan guru, dan guru dengan kepala sekolah setiap waktu. Pandemi COVID-19 mempengaruhi banyak hal termasuk kehidupan pendidikan, orang tua peserta didik, peserta didik dan proses pembelajaran, Sebagai seorang guru yang memiliki tanggung jawab untuk mendidik para siswa tidak dapat berhenti. Guru harus menemukan cara yang sesuai untuk mempromosikan proses pembelajaran secara akademis dan sosial–emosional. Guru harus dapat mengelola kelas online.
Full Text:
PDFReferences
Agus Purwanto, Masduki Asbari, Mochammad Fahlevi, Abdul Mufid, Eva Agistiawati, Yoyok Cahyono, Popong Suryani. (2020). Impact of Work From Home (WFH) on Indonesian Teachers Performance During the Covid-19 Pandemic : An Exploratory Study. International journal of Advanced Science and Technology, 29(05), 6235 -6244.Retrieved from http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/156272).
Aini Indriasih, Sumaji, Badjuri, dan Santoso (2020) Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Anak.Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, Volume 10, Nomor 2, Juni 2020, hlm. 154-162.
Budi Setyani, Murtono, Slamet Utomo (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada SiswaSDN Sari 1 Kelas V Kecamatan Gajah Kabupaten Demak,Jurnal Pengabdian Multidisiplin,Volume 2 Nomor 1, April 2020, 28-43
Desri Arwen. (2020). Student Learning Motivation Influences The Development Of The Corona Virus Pandemic (COVID 19). International Journal of Advanced Science and Technology, 29(9s), 4911-4925.Retrieved from http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/17339.
Dr. Soundarya N. (2020). A study on COVID –19’s effect on Teaching Learning Process in Engineering Educationin the Post Pandemic Indian Education Market. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(08), 2395 -2414.Retrieved from http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/234096).
Daryanto.(2014). Pendekatan pembelajaran saintifik Kurikulum2013. Yogyakarta:Gava Media.
Fadlillah, M. (2014).Implementasi Kurikulum2013 dalam pembelajaran SD/MI SMP/MTS, dan SMA/MA. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Hosnan, M. (2014).Pendekatan saintifik dankontekstua ldalam pembelajaran abad21:kunci sukses implementasi Kurikulum2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
Keyes, G. (2010). Teaching the scientific method in the social sciences. The Journal of Effective Teaching, 10(2), 18–28. Retrieved from http://www.uncw.edu/jet/articles/Vol10_2/Volume1002.
Kunandar. (2013). Penilaian autentik:penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta:Rajawali Pers.
Ratna Setyowati Putri, Agus Purwanto, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Laksmi Mayesti Wijayanti, Choi Chi Hyun. (2020). Impact of the COVID-19 Pandemic on Online Home Learning: An Explorative Study of Primary Schools in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(05), 4809 -4818. Retrieved from http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/13867.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.13) acow, L.(2020). COVID-19 –Moving classes online, other updates.[Community Message].Harvard University.https://www.harvard.edu/covid-19-moving-classes-online-other-updates.
Bai, Y. , Yao, L. , Wei, T. , Tian, F. , Jin, D.-Y. , Chen, L. ,& Wang, M. (2020). Presumed asymptomatic carrier transmission of COVID-19. Journal of the American Medical Association, 323 (14), 1406–1407. https://doi.org/10.1001/jama.2020.2565.
Drell, P. (2020, March 6). COVID-19 update from Provost Persis Drell.[Community Update].Stanford University. https://news.stanford.edu/2020/03/06/covid.update-provost-persis-drell/
Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., & Fathoroni, F. (2020). Variations of Models and LearningPlatforms for Prospective Teachers During the COVI-19 Pandemic Period.
Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61-70.17)Goldschmidt, K. (2020). The COVID-19 Pandemic: Technology Use to Support the Wellbeing of Children. Journal of Pediatric Nursing.
Lai, C.-C. , Shih, T.-P. , Ko, W.-C. , Tang, H.-J. , & Hsueh, P.-R. (2020). Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) and coronavirus disease-2019 (COVID-19): The epidemic and the challenges. International Journal of Antimicrobial Agents , 55 (3), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.ijantimicag.2020.105924.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkip.v2i2.3186
Article Metrics
Abstract - 3598 PDF - 4808Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan Tadarus Tarbawy
Universitas Muhammadiyah Tangerang.
JL. Perintis Kemerdekaan No 1/33, Babakan, Cikokol Kec. Tangerang, Kota Tangerang, 15117, Banten, Indonesia
Email:
Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan Tadarus Tarbawy is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
p-ISSN 2657-1285| e-ISSN 2656-8756