Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Pada Anak Laki-Laki di KoBer Al-Mubarok Sambongjaya

Heri Yusuf Muslihin, Garosha Putri Rahmadina, Lia Kamaliah, Tasya Tasya, Wulan Nurlaela

Abstract


Perkembangan bahasa adalah salah satu perkembangan yang menjadi tugas bagi seorang anak. Melalui perkembangan bahasa, dapat diartikan seorang anak telah menyelesaikan salah satu tugas perkembangannya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perkembangan bahasa anak usia dini pada anak laki-laki di KoBer Al-Mubarok Sambongjaya. Subjek pada penelitian ini berjumlah 2 anak laki-laki di kelas B yang berusia 4-5 tahun. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa metode kualitatif melalui proses wawancara serta pengamatan. Wawancara dilakukan kepada orangtua subjek dan guru-guru yang mengajar di kelas subjek. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perkembangan bahasa pada anak laki-laki dalam penelitian ini sudah baik karena anak sudah mampu menyebutkan nama-nama hewan, berdoa, dan bernyanyi dengan lancar.


Keywords


Anak Laki-Laki; AUD; Perkembangan Bahasa

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Elya, M. H., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh metode bercerita dan gaya belajar terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 302-315. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326

Firmansyah, M., & Masrun, M. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas-Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156-159. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46

Isna, A. (2019). Perkembangan bahasa anak usia dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 62-69. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v2i1.140

Jahja, Y. (2011). Psikologi perkembangan. Jakarta: Kencana.

Lubis, H. Z. (2018). Metode Pengembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Jurnal Raudhah, 6(2), 1-21. http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v6i2.277

Luthfillah, N., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Analisis Pengembangan Bahasa Dan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1-13. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i1.2128

Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal studi komunikasi dan media, 15(1), 128-137. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106

Paujiah, T. S., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Peran Lingkungan Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Serta Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(1), 103-122. https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.821

Rezieka, D. G. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak TK. Jurnal Golden Age, 5(2), 294-303. https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3699

Rumilasari, N. P. D., Tegeh, I. M., Ujianti, P. R., & Psi, S. (2016). Pengaruh metode bermain peran (role playing) terhadap kemampuan berbicara pada anak kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2).

Sumaryanti, L. (2017). Peran lingkungan terhadap perkembangan bahasa anak. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 7(01), 72-89. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/muaddib/article/view/552

Syamsiyah, N., & Hardiyana, A. (2021). Implementasi Metode Bercerita sebagai Alternatif Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1197-1211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1751

Tanjung, P. S., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Pola Komunikasi Verbal Orang Tua Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3380-3386. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.854

Yuniati, S., & Rohmadheny, P. S. (2020). Bermain peran: Sebuah metode untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 60-69. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.509




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i1.10284

Article Metrics

Abstract - 244 PDF - 101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats