Analisis Penerapan Metode Visuomotor Pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB B-C Dharma Wanita Jalaksana Kuningan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Affrida, E. N., & Bilad, A. U. (2023). Pengenalan Huruf Abjad Pada Anak Usia Dini Dengan Gangguan Tunagrahita Ringan Melalui Pembelajaran Visuomotor. Jurnal Raudhah, 11(1).
Anggita, R., Sormin, D., Lubis, J. N., & Nopriani Lubis, J. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Huruf melalui Media Pohon Pintar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5919–5930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5384
Ayu, R. (2017). Efektivitas Media Huruf Bergambar Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Bagi Siswa Tunagrahita Ringan. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(4), 448. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i4.110
Faisah, S. N., Siregar, M. A., Firanda, Nandita, I., Mujahadah, Auliyah, A., Musdalifa, & Samsuddin, A. fFtrah. (2023). Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Belajar Mengenal Angka di SLB Bhakti Pertiwi Samarinda Pendahuluan Anak tunagrahita adalah individu yang memiliki inteligensi yang berada di bawah rata- rata dan disertai dengan ketidakmampuan dalam ada. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 34–41.
Fauziyah, U. S., & Nugraheni, A. S. (2021). Mengenalkan Huruf Abjad Pada Anak Tuna Grahita Ringan Dengan Metode Pembelajaran Visuomotor. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 116-129. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14022
Fitriani, N., Ilma, Z. M., & Saraswati, A. R. (2023). Optimalisasi Pengenalan Huruf Melalui Metode Visumotor Pada Anak Tunagrahita Ringan di SDN Kota Kediri. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), 9(1), 127. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.46205
Herliza, S., & Mawardah, M. (2023). Metode Penyusunan Abjad Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Tunagrahita di SLB Negeri Sekayu. Jurnal Pengabdian Mandiri Universitas Bina Dharma, 2(10), 2061–2066.
Laila, S. M., & Damri, D. (2023). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Menggunakan Media Tiga Dimensi pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1735–1744.
Louk, M. J. H., & Sukoco, P. (2016). Pengembangan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan motorik kasar pada anak tunagrahita ringan. Jurnal Keolahragaan, 4(1), 24. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.8132
Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., & Chairudin, R. (2020). Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 37. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.745
Suriadi, N. M. (2023). Upaya Meningkatkan Konsentrasi dan Kemampuan Motorik Halus dengan Penggunaan Permainan Edukatif Meronce Pada Anak Tunagrahita Sedang di Kelas I SLB. Indonesian Journal of Instruction, 4(2), 124–132. https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.60572
Sutjiato, M., & Tucunan, G. D. K. a a T. (2015). Hubungan Faktor Internal dan Eksternal dengan Tingkat Stress pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Jikmu, 5(1), 30–42.
Syarfaini, S., Bujawati, E., & Aeni, S. (2022). Analisis Faktor Bio-sosial Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Tunagrahita. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 11(03), 253–260. https://doi.org/10.33221/jikm.v11i03.1435
Zuraidah. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Geoboard Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas I Slb Khusus Bina Mandiri Surabaya. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 130–139. https://doi.org/10.51878/teaching.v2i1.1081
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i1.10299
Article Metrics
Abstract - 539 PDF - 337Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.