Analisis Perkembangan Akhlak Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya pendidikan akhlak pada anak usia dini dan faktor-faktor yang mendukung perkembangannya. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi di TKQ Miftahul Jannah, Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akhlak yang baik pada anak dapat muncul secara spontan namun memerlukan pembinaan dan latihan yang konsisten. Metode yang efektif dalam pembentukan akhlak meliputi keteladanan, pembiasaan, penasehatan, dan hukuman. Keteladanan merupakan metode yang sangat efektif dalam pembentukan akhlak melalui tindakan yang dapat ditiru oleh anak. Pembiasaan dan penasehatan merupakan proses transformasi nilai-nilai baik yang harus diterapkan terus menerus, sedangkan hukuman bertujuan menghindarkan anak dari perbuatan buruk. Pendidikan akhlak pada anak usia dini merupakan tanggung jawab moral orang tua dan guru. Guru bertanggung jawab memberikan bimbingan agar siswa berkembang secara jasmani dan rohani, sedangkan orang tua berperan besar dalam pendidikan akidah dan akhlak. Penelitian ini menekankan pentingnya peran orang tua dan guru dalam mendukung perkembangan akhlak anak melalui pendidikan yang tepat dan lingkungan yang kondusif, sehingga anak dapat tumbuh menjadi individu yang bermoral tinggi dan berakhlak mulia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974–980.
Amelia, N., & Aisya, N. (2023). Implementasi Pengembangan Agama dan Akhlak Anak Usia Dini di RA Maikha Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, Scholar. Archive. Org JOEAI (Journal of Education and Instruction). https://doi.org/https://doi.org/10.24952/alathfal.v3i1.7551
Anfi, M. A., Abrori, M. S., & Haikal, H. (2023). Peran Orang Tua dalam Membentuk Akhlakul Karimah Anak Sejak Dini di RT 005/RW 005 Gaya Baru III. Berkala Ilmiah Pendidikan, 3(1), 21–30. https://doi.org/https://doi.org/10.51214/bip.v3i1.550
Ayu, S. M., & Junaidah, J. (2019). Pengembangan Akhlak pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(2), 210–221. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v8i2.3092
Azizah, N. A. A., Fitria, E., Salsabilla, D. A., & Tazqiyah, W. (2024). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Mencap Dengan Cat Air. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 20–33. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i1.10551
Efendi, D. (2019). Proses Pembentukan Aqidah dan Akhlak pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Jayapura. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 9–20. https://doi.org/https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.2814
Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162–169. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76
Habibah, S. (2015). Akhlak dan Etika dalam Islam. Jurnal Pesona Dasar, 1(4).
Hasballah, Z., Sabri, R., & Nasir, A. (2018). Konsep Tazkiyatun Nafs (Studi Pendidikan Akhlak Dalam Alquran Surat Asy-Syams 7-10). SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 3(2), 39–53. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/jsa.v3i2.479
Herawati, H. (2017). Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 124–136.
Mauidah, J. S., Farida, K., & Sakinah, S. (2022). Permasalahan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Generasi Alpha Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 139–152. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v6i2.14934
Nasution, A. S. (2021). Pengembangan Akhlak Anak Usia Dini Menurut Zakiah Daradjat. MUBTADA, 4.
Nirmalasari, S., & Siregar, N. A. (2022). Stimulasi Peningkatan Nilai Agama Dan Akhlak pada Anak Usia Dini. HIBRUL ULAMA, 4(2), 15–21. https://doi.org/https://doi.org/10.47662/hibrululama.v4i2.244
Qodariyah, S. L. (2017). Akhlak dalam Perspektif Alquran: Kajian Terhadap Tafsīr almarāgī Karya Ahmad Mustafa al-Marāgī. Al-Fath, 11(2), 145–166. https://doi.org/https://doi.org/10.32678/alfath.v11i2.900
Saedah, S., Masruroh, W., & Aziz, T. (2020). Peran Guru Dalam Mendidik Akhlak Anak Usia Dini (Studi Kasus di RA Miftahul Ulum Ragang Kecamatan Waru Pamekasan). Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 10–22. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.2974
Suhartono, S., & Yulieta, N. R. (2019). Pendidikan Akhlak Anak Di Era Digital. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 36–53. https://doi.org/https://doi.org/10.51468/jpi.v1i2.9
Walidin, W., Saifullah, S., & Tabrani, T. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press.
Zahra, S., Nurhayani, N., Aini, L., Amalina, M. N., Nasution, C. W., & Sit, M. (2024). Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal melalui Bermain Peran Mikro pada AUD di TK Miftahul Husna Kec. Tembung. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 67–81. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i1.10483
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i2.11542
Article Metrics
Abstract - 655 PDF - 202Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.