Upaya Meningkatkan Pengetahuan Tata Cara berwudhu Melalui Media Puzzle pada Anak Usia 4-6 Tahun

Selviani Dewi, Titi Rachmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan melakukan tindakan pengetahuan tata cara berwudhu anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2017 dengan subjek penelitian 15 anak terdiri dari 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki, pada kelompok A berusia 4-6 tahun di TK Daarunnisan Kecamatan Jatiuwung Kota Tangerang. Fokus penelitian ini adalah meningkatkan pengetahuan tata cara berwudhu melalui media puzzle pada anak usia 4-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi dan wawancara. Sedangkan pengumpulan data pemantau tindakan menggunakan catatan lapangan dan dukomentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pada prasiklus : 33% hanya lima anak yang mulai berkembang. Pada siklus I adalah 60% meningkat menjadi 9 anak, pada siklus II adalah 73% meningkat menjadi 11 anak. Pada siklus III 93% meningkat menjadi 13 anak. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan atau penggunaan kegiatan bermain menggunakan media puzzle dapat meningkatkan pengetahuan tata cara berwudhu pada anak usia 4-6 tahun.

Keywords


Tata Cara Berwudhu, Media Puzzle, Anak Usia 4-6 Tahun

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v8i1.1170

Article Metrics

Abstract - 768 PDF - 682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats