Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Outbond Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Friends School, Kecamatan Pinang, Tangerang

Tia Pahrunisa, Iman Nurjaman

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan outbond pada anak usia 5-6 tahun di TK Friends School, Kec. Pinang Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui tiga siklus pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model dari Kemmis dan Taggart berupa suatu siklus spiral. Siklus disini adalah suatu putaran kegiatan yang meliputi tahap-tahap rancangan pada setiap putarannya, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian berkenaan dengan upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan outbond pada anak usia 5-6 tahun di TK Friends School, Kec. Pinang Tangerang, maka dapat diambil beberapa kesimpulan bahwa peningkatan motorik kasar anak melalui kegiatan outbond dapat dikatakan baik. Hal ini ditunjukkan pada setiap indikator penilaian yang mengalami peningkatan. Rata-rata peningkatan dari prasiklus 29% ke siklus I sebesar 50%, siklus II sebesar 74% dan siklus III mengalami peningkatan sebesar 89%. Peningkatan motorik kasar anak melalui kegitan kegiatan outbond ini menunjukan keterampilan guru dalam aktivitas pembelajaran tergolong dalam kategori berkembang sangat baik, ini terbukti dengan tercapainya indikator pembelajaran yang diharapkan.


Keywords


Motorik kasar, outbond, anak usia 5-6 tahun

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v8i1.1171

Article Metrics

Abstract - 609 PDF - 532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats