Upaya Meningkatkan Percaya Diri Melalui Bermain Peran Makro Pada Anak Usia 5-7 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui percaya diri melalui bermain peran makro anak usia 5-7 tahun di PAUD Al-Hidayah. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga (3) siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan catatan lapangan. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B anak yang mengalami masalah dalam percaya diri anak seperti keyakinan akan kemapuan diri, aktif, kepemimpinan dan inisiatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan percaya diri anak dengan bermain peran makro. Percaya diri anak pada siklus I terjadi peningkatan pada anak sebesar 50 % anak mulai berani tampil didepan kelas, anak mulai aktif, kepemimpinan dan inisiatif. Pada siklus II adanya peningkatan sebesar 70 %, sedangkan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 100 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variasi dalam pembelajaran memiliki peranan penting dalam meningkatkan percaya diri anak. Dengan demikian terbukti bahwa bermain peran makro dapat meningkatkan percaya diri pada anak usia 5-7 tahun di PAUD Al-Hidayah kec. Gunung Sindur Kab. Bogor.
Keywords
Percaya Diri, Bermain Peran Makro, Anak Usia 5-7 Tahun
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v8i1.1172
Article Metrics
Abstract - 978 PDF - 669Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.