Analisis Pemahaman AUD Mengenai Berbicara Kasar Pada TK Permata Hati Aisyiyah

Almaida Isnainita Virdiana, Risbon Sianturi, Purwati Purwati

Abstract


Berbicara kasar saat ini cukup populer sering ditemukan pada kalangan remaja dan dewasa. Namun pada kenyataannya anak usia dini juga bisa terpapar berbicara kasar. Perkembangan berbicara anak masih dalam tahap memperkaya bahasa dan kosakata baru dengan mendengar, mengingat ucapan atau gerakan, serta cenderung meniru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman anak usia dini mengenai berbicara kasar, dari mana anak mendengar kata-kata kasar dan upaya sekolah menyikapi hal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus paradigma konstruktivis yang mendeskripsikan pemahaman anak mengenai kata-kata kasar di sekolah TK Permata Hati Aisyiyah Kota Tasikmalaya. Subjek penelitian menggunakan purposive sampling dengan melibatkan 2 anak perempuan dan 2 anak laki-laki dengan rentang usia 5 tahun. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak perempuan dan laki-laki dengan rentang usia 5 tahun mampu memahami dan merespons berbicara yang kasar, seperti memberikan respons terhadap kata-kata kasar dari lingkungannya, misalnya dengan mengucapkan kalimat “astaghfirullah”.


Keywords


Pemahaman AUD; Berbicara Kasar

Full Text:

PDF

References


Ariani, N. W. T., & Asih, K. S. (2022). Dampak Kekerasan Pada Anak. Jurnal Psikologi MANDALA, 6(1), 69-78.

Armita, D. (2023). Bahasa Kasar (Abussive Language) Dan Dampaknya Bagi Perkembangan Perilaku Anak. ROSYADA: Islamic Guidance and Counseling, 4(1), 37-48.

Asih, S. W., & El-Yunusi, M. Y. M. (2024). Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 150-160. https://doi.org/10.31000/ceria.v13i1.10604

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Dewi, Y. R., Satria, F., & Rahayu, M. (2020). Implementasi Voice Recognition pada Sistem Pengawasan Anak-Anak Dalam Berkata Kasar Melalui Smartphone Dengan Koneksi WiFi. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 11 (1), 20-25.

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan (Kemenkes). (2024). Waspadai Kekerasan Verbal Pada Anak. Jakarta: Ditjen Yankes Kemenkes.

Gunawan, A. C., Suwasono, A. A., & Cahyadi, J. (2016). Perancangan Kampanye Iklan Layanan Masyarakat Berhenti Bicara Kasar Untuk Kalangan Anak Usia 7-12 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 1(8), 1-11.

Hidayat, T., & Purwokerto, U. M. (2019). Pembahasan studi kasus sebagai bagian metodologi penelitian. Jurnal Study Kasus, 3(1), 1-13.

Khofifah, E. N., & Mufarochah, S. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. AT-THUFULY: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 60-65.

Nilawati, T., & Widiasih, A. P. (2019). Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Di Tinjau Dari Gambar Anak Di Kelompok Bermain (KB) Nilawati Ar Rahman Kecamatan Pinang Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 42-49.

Nurkholifah, D., & Wiyani, N. A. (2020). Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Membaca Nyaring. Preschool, 1(2), 60–76. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i2.9074

Ramadhani, N. A., & Agustang, A. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kebiasaan Penggunaan Kata Kotor Anak di Bawah Umur Pada Kelurahan Kaluku Bodoa Kota Makassar. Jurnal Sosialisasi, 10(1), 50-58.

Rohmah, A. S., Hidayat, S., & Respati, R. Model Pendidikan Karakter Berbahasa Santun di SD Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 378-384.

Sianturi, R., & Rusmana, N. (2020). Menjadi Guru PAUD Profesional. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tamrin, H., & Ramadhina, S. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Anak Berbicara Kasar dan Cara Mengatasinya (Studi Pada Anak Desa Tanjung Gusta, Kecamatan Sunggal). Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(2), 147-152.

Zamzami, G., Yudha, C. B., & Ulfa, M. (2021). Peran Lingkungan Sosial Pada Perilaku Berbicara Kasar Anak. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 353-361.

Zein, R. (2018). Stimulasi Pengembangan Berbicara Bagi Anak Usia Dini. Prosiding Saga, 159-164.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i3.12031

Article Metrics

Abstract - 268 PDF - 151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats