Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Metode Proyek Usia 5-6 Tahun Di Tk.Nurussyakirin Sindang Jaya Kabupaten Tangerang
Abstract
Kemampuan sosial emosional anak di TK. Nurussyakirin masih tergolong rendah, ada 9 anak yang masih rendah kemampuan sosial emosionalnya hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurang nya bekerjasama dengan teman sebaya, belum mampu sabar menunggu giliran, kurang mematuhi peraturan, dan belum mampu mengendalikan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sosial Emosional anak melalui metode proyek di Tk.Nurussyakirin Sindang Jaya Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Hal ini terlihat dari adanya peningkatan kemampuan sosial emosional anak pada pembahasan siklus 1, siklus II dan siklus III, anak didik yang berkembang sangat baik/BSB pada siklus I 8% sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 50% dan pada siklus III meningkat sebesar 100 %. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat penulis simpulkan bahwa metode proyek dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak pada kelompok B di TK.Nurussyakirin Sindang Jaya Kabupaten Tangerang.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v9i2.1229
Article Metrics
Abstract - 937 PDF - 1258Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.