Upaya Meningkatkan Kemampuan Logika Matematika Melalui Kegiatan Mendongeng Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Tunas Bangsa Kota Tangerang

Agus Titin, Titi Rachmi

Abstract


Kemampuan logika matematika anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Bangsa Kota Tangerang belum berkembang optimal, anak-anak masih kesulitan dalam menerima dan menyerap kegiatan logika matematika yang diberikan kepada mereka. Kebanyakan anak merasa kesulitan ketika melakukan kegiatan matematika. Dari 10 anak hanya 3 anak atau 30% yang kemampuan logika matematikanya mulai berkembang dan 7 anak atau 70%  anak lainnya masih kesulitan dalam menerima dan menyerap kegiatan logika matematika yang diberikan kepada mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan logika matematika melalui kegiatan mendongeng pada anak usia 4-5 tahun di TK. Tunas Bangsa kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 3 (tiga) Siklus. Subjek penelitian adalah anak didik usia 4-5 tahun yang mengalami masalah dalam logika matematika seperti mengetahui simbol angka dan bilangan, mengelompokkan sesuatu sesuai ukuran, warna, bentuk dan menjelaskan sebuah peristiwa secara logis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan logika matematika melalui kegiatan mendongeng. Kemampuan logika matematika pada Siklus I mencapai 30%, Siklus II meningkat mencapai 50%, dan meningkat lebih baik lagi pada Siklus III mencapai 100%. Kesimpulan penelitian ini bahwa melalui kegiatan mendongeng dengan media yang variatif dapat meningkatkan kemampuan logika matematika anak, hal ini terbukti bahwa dengan penerapan melalui kegiatan mendongeng dapat meningkatkan kemampuan logika matematika pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Bangsa Kota Tangerang.

Keywords


Kemampuan Logika Matematika, Kegiatan Mendongeng, usia 4-5 tahun

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v9i2.1233

Article Metrics

Abstract - 379 PDF - 897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats